Peran BMT Sumber Mulia dalam upaya pemberdayaan ekonomi kreatif di Pasar Kriya Lopait Tuntang Kabupaten Semarang

Mubarok, Muhammad Ibnu (2019) Peran BMT Sumber Mulia dalam upaya pemberdayaan ekonomi kreatif di Pasar Kriya Lopait Tuntang Kabupaten Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Baitul Maal wat Tamwil (BMT) lembaga keuangan mikro syariah yang dioperasikan dengan prinsip bagi hasil, Baitul Maal wat Tamwil (BMT) merupakan lembaga keuangan mikro syariah yang sangat stategis dalam memfasilitasi dan memberikan pembiayaan kepada para pelaku ekonomi kreatif yang berasal dari golongan menengah kebawah. Hal inilah yang menjadikan BMT sangat akrab dengan masyarakat menengah kebawah. Pemberdayaan ekonomi kreatif sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat menengah kebawah dan berpotensi besar mengurangi angka kemiskinan di masa yang akan datang. Kehadiran BMT melalui misi pemberdayaan akan meningkatkan dan mensejahterakan para pelaku ekonomi kreatif itu sendiri.
Penelitian ini berjudul “Peran BMT Sumber Mulia dalam Upaya Pemberdayaan Ekonomi Kreatif di Pasar Kriya Lopait Tuntang Kabupaten Semarang” yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana BMT mengaplikasikan pembiayaan terhadap ekonomi kreatif di pasar kriya lopait Tuntang Kabupaten Semarang, untuk mengetahui peran BMT Sumber Mulia dalam upaya pemberdayaan ekonomi kreatif di pasar kriya lopait Tuntang Kabupaten Semarang, dan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat ekonomi kreatif.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field research). Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder, sumber data-data yang berkaitan dengan penelitian secara langsung yang meliputi dokumen-dokumen serta wawancara langsung kepada Kepala Operasional BMT Sumber Mulia Tuntang dan pelaku ekonomi kreatif. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberdayaan yang di lakukan BMT Sumber Mulia kepada para pelaku ekonomi kreatif di pasar kriya lopait telah berjalan dengan baik, yaitu dengan meningkatnya hasil pendapatan yang diperoleh pelaku ekonomi kreatif, dimana hal ini diwujudkan dengan memberi pelayanan yang baik yaitu dengan proses pemberian pembiayaan yang cepat di sertai dengan kemudahan-kemudahan. Keberadaan BMT Sumber Mulia cukup dibutuhkan para pelaku ekonomi kreatif untuk meningkatkan perekonomian mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan ekonomi kreatif; Bank Muamalah wa Tamwil (BMT)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 19 Sep 2019 08:31
Last Modified: 19 Sep 2019 08:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10073

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics