Pengaruh pariwisata syariah dan produk kepariwisataan terhadap pendapatan ekonomi masyarakat : studi kasus di Desa Keseneng Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang

Setiyoningsih, Rini (2019) Pengaruh pariwisata syariah dan produk kepariwisataan terhadap pendapatan ekonomi masyarakat : studi kasus di Desa Keseneng Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Semakin berkembangnya sektor pariwisata, diharapkan mampu meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar kawasan wisata. Potensi yang dimiliki oleh suatu daerah tujuan pariwisata dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan wisatawan yang datang akan tercipta pengalaman yang menyenangkan bagi wisatawan dalam berwisata yang tidak terlupakan. Dengan demikian, maka peran produk pariwisata menjadi sangat penting dalam kegiatan perjalanan wisata. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “ Pengaruh Pariwisata Syariah dan Produk Kepariwisataan Terhadap Pendapatan Ekonomi Masyarakat (Studi di Desa Keseneng Kec Sumowono Kab Semarang)”. Setelah penelitian ini dilakukan, diharapkan akan memberikan manfaat bagi beberapa pihak diantaranya adalah menambah pengetahuan mengenai pariwisata syariah, produk kepariwisataan dan pendapatan ekonomi masyarakat.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengisian angket. Pengambilan sampel yang digunakan menggunakan metode sampling insidental yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja secara kebetulan/insidental bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Jumlah responden sebanyak 40 orang. Teknis analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinieritas, uji koefisien determinasi, uji F dan uji T.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pariwisata syariah tidak berpengaruh terhadap perndapatan ekonomi masyarakat disekitar kawasan Curug Tujuh Bidadari, sedangkan variabel produk wisata berpengaruh terhadap pendapatan ekonomi masyarakat disekitar kawasan Curug Tujuh Bidadari. Uji T menunjukkan bahwa variabel pariwisata syariah tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar. Hal ini dilihat dari Thitung = 0,834 < Ttabel 2,026 dan sig 0,409 > 0,05. Sedangkan variabel produk kepariwisataan berpengaruh terhadap pendapatan ekonomi masyarakat sekitar, karena mempunyai nilai signifikan Thitung = 2,274 > Ttabel =2,026 dan sig 0,029 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pariwisata syariah; Produk kepariwisataan; Ekonomi masyarakat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
900 Geography and history > 910 Geography and travel
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 23 Sep 2019 03:46
Last Modified: 23 Sep 2019 03:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10087

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics