Problem hukum dan manajemen kebijakan remunerasi pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Satuan Kerja Badan Layanan Umum (Satker BLU)

Baehaqi, Ja'far (2019) Problem hukum dan manajemen kebijakan remunerasi pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Satuan Kerja Badan Layanan Umum (Satker BLU). Walisongo Press, Semarang. ISBN 978-602-9029-28-4 (In Press)

[thumbnail of Ja'far_Baehaqi-Problem_hukum_dan_manajemen.pdf]
Preview
Text
Ja'far_Baehaqi-Problem_hukum_dan_manajemen.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (844kB) | Preview

Abstract

Dalam satu dekade terakhir ini remunerasi tidak saja ramai diperbincangkan melainkan juga telah diterima dan dirasakan. Jika dulu remunerasi hanya dikenal di lembaga-lembaga bisnis, maka kini juga diberlakukan di instansi pemerintah termasuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang berstatus Badan Layanan Umum (BLU). Selain remunerasi, di instansi pemerintah juga diberlakukan skema tunjangan kinerja (TUKIN) yang diberikan kepada pegawai kementerian/lembaga yang telah berhasil melaksanakan reformasi birokrasi.
Implementasi remunerasi pada PTKIN BLU diwarnai oleh banyak problem, baik sebelum maupun selama pelaksanaan kebijakan itu. Jika sebelum pelaksanaan beberapa problem muncul terkait alasan dilaksanakannya kebijakan remunerasi, maka selama pelaksanaannya muncul problem yang lebih kompleks terkait tahapan-tahapan yang dilalui. Intinya, remunerasi ibarat makan buah si malakama. Jika dimakan ayah meninggal, namun jika tidak dimakan ibulah yang akan meninggal.
Apa pun yang terjadi remunerasi go a head. Namun demikian, perbaikan-perbaikan harus ditempuh. Mulai dari skemanya yang perlu disesuaikan dengan ketentuan dalam Keputusan Menteri Keuangan sebagai dasar acuan, perbaikan regulasi remunerasi di internal PTKIN, sosialisasi terus menerus dan tiada henti, penerapan prinsip-prinsip good governance, dan hal-hal lain yang menjadi prasyarat bagi operasional sistem remunerasi yang berkeadilan dan berkesejahteraan. Dengan demikian, remunerasi tidak saja menciptakan kesejahteraan bersama, melainkan juga dapat meningkatkan kinerja individual maupun organisasi.
Buku berjudul “Problem Hukum dan Manajemen Kebijakan Remunerasi pada Perguruan Tinggi Negeri Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Satuan Kerja Badan Layanan Umum (Satker BLU)” ini diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi perbaikan sistem remunerasi di PTKIN. Ini adalah karya rintisan, oleh karena itu di sana sini mungkin terdapat kekurangan. Biarlah kelanjutan dan perbaikannya dilakukan oleh orang lain.
Remunerasi ibarat emas dala m kotak Pandora dalam mitologi Yunani. Setiap orang sangat ingin membuka dan mendapatkannya, tetapi banyak rintangan dan halangan untuk melakukan itu. Membahas remunerasi ibarat membuka kotak tersebut. Namun, tidak seperti terbukanya kotak Pandora yang membuat segala kejahatan berhasil bebas dan menjangkiti umat manusia, diungkapnya realitas remunerasi melalui penelitian ini dan penelitian selanjutnya diharapkan akan membebaskan keadilan dan kesejahteraan dari belenggu praktek remunerasi selama ini dan kemudian membimbing dan menghadirkannya bersama remunerasi di masa yang akan datang.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Kebijakan remunerasi; Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN); Satuan Kerja Badan Layanan Umum (Satker BLU)
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 342 Constitutional and administrative law
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.1 Organization Management (Financial, Budgeting)
Divisions: Buku (Books)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 26 Aug 2019 04:31
Last Modified: 26 Aug 2019 04:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10089

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics