Strategi pengembangan wisata syariah melalui media sosial : studi kasus wisata Watu Angkrik Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung

Arsyad, Davin Muhammad (2019) Strategi pengembangan wisata syariah melalui media sosial : studi kasus wisata Watu Angkrik Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Wisata Syariah merupakan wisata yang keseluruhan aspeknya tidak bertentangan dengan aturan islam. Kabupaten Temanggung merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang memiliki aneka ragam tempat wisata. Salah satu tempat wisata yang sedang banyak diburu masyarakat yaitu wisata alam. Wisata alam Watu Angkrik yang mengusung konsep wisata syariah memiliki potensi yang perlu dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Strategi Pengembangan Wisata Watu Angkrik Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung?Bagaimana Peran Media Sosial Terhadap Pengembangan Halal tourism di Wisata Watu Angkrik Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung?

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pengembangan dan implementasi strategi pengembangan yang teridentifikasi yang dilakukan oleh pengelola wisata alam Watu Angkrik yang terdiri dari dimensi-dimensi dan memanfaatkan media sosil sebagai medi untuk pengembangannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitattif. Jenis data terdiri dari data primer yang diperoleh melalui wawancara dan observasi. Sedangkan data sekunder berasal dari dokumen laporan, peraturan-peraturan yang berkaitan dengan masalah yang akan diteliti.
Dari hasil penelitian dengan menggunakan teknik pengembangan wisata menggunakan Carrying Capacity (daya dukung kawasan), Recreational Carrying Capacity (daya dukung rekreasi), Recreation Opportunity Spectrum, Visitor Impact Managemen Model, Visitor Experience and Resource Protection Model bahwa wisata watu angkrik memiliki potensi yang sangat bagus sesuai dengan kondisi globalisasi yang saat ini dibutuhkan oleh masyarakat luas.keadaan tersebut sangat potensi untuk memasarkan wisata tersebut menggunakan media sosia.di era modern ini manusia cenderung menggunkan media sosal sebagai sarana pencarian informasi. Dalam hal ini peran media sosial seperti web, facebook, instagram dan twitter merupakan alat yang cocok untuk memasarkan Halal Tourism Watu Angkrik. sehingga mudah untuk dikenali oleh masyarakat luas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Wisata syariah; Media sosial
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 070 News media, journalism, publishing
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 28 Sep 2019 01:23
Last Modified: 28 Sep 2019 01:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10095

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics