Analisis pemberian pinjaman ekonomi bergulir dalam meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui program kota tanpa kumuh (KOTAKU) ditinjau dari segi ekonomi Islam : studi kasus di Desa Joho Temanggung

Sopingi, Sopingi (2019) Analisis pemberian pinjaman ekonomi bergulir dalam meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui program kota tanpa kumuh (KOTAKU) ditinjau dari segi ekonomi Islam : studi kasus di Desa Joho Temanggung. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1705026208_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1705026208_Lengkap)
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Dampak Pinjaman Ekonomi Bergulir Terhadap Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus di Desa Joho, Temanggung)”. Penelitian ini membahas mengenai dampak pinjaman ekonomi bergulir pada program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) di Desa Joho, Temanggung. Dimana KOTAKU merupakan program pengganti PNPM Mandiri. Pinjaman tersebut merupakan pinjaman yang diperuntukkan untuk masyarakat miskin. Dengan adanya pinjaman ekonomi bergulir, masyarakat Joho mampu memberdayakan ekonomi masyarakat di Desa Joho melalui usaha yang dijalani.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data yang diperoleh berasal dari data primer , yaitu data yang berasal dari penelitian lapangan secara langsung, antara lain yaitu hasil wawancara dengan manager UPK pinjaman bergulir di Desa Joho. Selain itu penulis juga menggunakan data sekunder, yaitu data yang dijadikan penunjang data primer. Data sekunder diperoleh dari buku-buku referensi dan jurnal karya orang lain. Selanjutnya, peneliti melakukan pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana dampak pinjaman ekonomi bergulir terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat di Desa Joho.
Hasil dari penelitian ini yaitu analisis dari dampak pinjaman ekonomi bergulir KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) terhadap pemberdayaan ekonomi yang sudah dilaksanakan di Desa Joho Temanggung dengan teori-teori pemberdayaan ekonomi masyarakat dan ekonomi Islam yang ada dalam referensi. Selanjutnya praktek pinjaman ekonomi bergulir di analisis melalui teori–teori pemberdayaan ekonomi dan ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pinjaman bergulir; Pemberdayaan ekonomi; Ekonomi Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 25 Oct 2019 02:47
Last Modified: 25 Oct 2019 02:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10131

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics