Analisis minat nasabah dalam pembiayaan mitra usaha di BMT Al Hikmah cabang Gunungpati ditinjau dari faktor internal nasabah

Saputri, Nia Agustin Uswatun (2019) Analisis minat nasabah dalam pembiayaan mitra usaha di BMT Al Hikmah cabang Gunungpati ditinjau dari faktor internal nasabah. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tugas_Akhir_1605015020]
Preview
Text (Tugas_Akhir_1605015020)
skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dewasa ini, lembaga keuangan syariah terus tumbuh dan berkembang. Kemudian menyikapi atas problematika mengenai adanya unsur riba dalam lembaga keuangan konvensional, saat ini lembaga keuangan syariah terus tumbuh dan berkembang. Seperti halnya bank syariah, namun pada kenyataannya bank syariah kurang mencakup untuk pangsa pasar menengah kebawah. Oleh karena itu, lembaga keuangan syariah mikro yaitu koperasi mulai banyak tumbuh yang menggunakan dasar syariat islam. Lahirnya koperasi syariah seperti yang kita kenal sekarang adalah BMT (Baitul Maal Wa Tamwil) telah banyak berkembang di Indonesia.
Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah analisis minat nasabah dalam pembiayaan mitra usaha di BMT Al Hikmah cabang gunungpati ditinjau dari faktor internal nasabah. Yang penulis tahu sekarang ini pembiayaan tersebut sepi nasabah. Dalam menyusun dan menyelesaikan penelitian ini metode penelitian yang digunakan penulis berupa metode kualitatif. Yang mana penulis menggunakan penelitian lapangan dan metode pengumpulan data dengan metode interview dan dokumenter.
Dari hasil penelitian ini secara garis besar faktor yang mempengaruhi minat nasabah ditinjaun dari faktor internal dalam melakukan pembiayaan mitra usaha di BMT Al Hikmah ada beberapa hal diantaranya adalah faktor resiko tinggi, faktor laporan pendapatan oleh nasabah, faktor kejujuran, dan faktor ketidakefektifan pola bagi hasil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Minat nasabah; Faktor internal nasabah; Pembiayaan; Bank mualmalah wa tamwil
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 31 Oct 2019 02:52
Last Modified: 05 Jun 2021 04:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10167

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics