Analisis pembiayaan murabahah di KSPPS Binama Semarang

Merlita, Gita (2019) Analisis pembiayaan murabahah di KSPPS Binama Semarang. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tugas_Akhir_1605015031]
Preview
Text (Tugas_Akhir_1605015031)
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

KSPPS Binama Semarang merupakan lembaga keuangan berbadan hukum koperasi yang bergerak di bidang simpan pinjam dan pembiayaan syariah yang mengacu pada proses pembangunan ekonomi dan kerakyatan. Pemberian pembiayaan dapat mendorong peningkatan ekonomi dan harus dikelola dengan baik oleh lembaga keuangan tersebut sebaliknya pengelola pembiayaan yang tidak baik akan banyak menimbulkan masalah bahkan akan menyebabkan ambruknya lembaga keuangan tersebut.
Tugas Akhir ini berjudul “ANALISIS PEMBIAYAAN MURABAHAH DI KSPPS BINAMA SEMARANG”, berdasarkan judul tersebut maka penulis merumuskan permasalahan sebagai berikut : Apa faktor-faktor penyebab terjadinya pembiayaan bermasalah di KSPPS Binama Semarang, Apa saja risiko-risiko dalam pembiayaan bermasalah di KSPPS Binama Semarang dan Bagaimana penyelesaian pembiayaan bermasalah pada Akad Murabahah di KSPPS Binama Semarang.
Dari apa yang menjadi pokok permasalahan yang akan dibahas, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif penelitian yang dihasilkan data dan berdasarkan pada objek yang dialami. Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisa menggunakan metode analisa deskriptif untuk mencari dan menyusun data yang diperoleh dari wawancara, catatan-catatan dan referensi lain.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penyebab terjadinya pembiayaan bermasalah antara lain : kesalahan analisa kelayakan oleh petugas marketing, anggota tidak memberikan data dan informasi sesuai keadaan sebenarnya, pemberian jangka waktu terlalu banyak, barang jaminan tidak dalam penguasaan anggota. Adapaun penyelesaian pembiayaan bermasalah yang dilakukan pihak KSPPS Binama yaitu dengan : penyelamatan/penyehatan selanjutnya menggunakan metode restrukturisasi meliputi Rescheduling (penjadwalan kembali), Reconditioning (persyaratan kembali) dan Restructuring (penataan kembali) dan cara penyelesaian dengan pelunasan, eksekusi jaminan dan Write-Off (hapus buku).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Murabahah; Pembiayaan; Risiko pembiayaan; Restrukturisasi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 31 Oct 2019 08:22
Last Modified: 05 Jun 2021 03:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10169

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics