Analisis operasional produk simpanan usaha banyak manfaat (SAHABAT) pada KSPPS Hudatama Semarang

Sa'adah, Khalimatus (2019) Analisis operasional produk simpanan usaha banyak manfaat (SAHABAT) pada KSPPS Hudatama Semarang. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tugas_Akhir_1605015091]
Preview
Text (Tugas_Akhir_1605015091)
TUGAS_AKHIR_(Khalimatus_Sa'adah)BURNING CD.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

KSPPS Hudatama Semarang merupakan sebuah lembaga keuangan yang mana sistem operasionalnya berdasarkan prinsip syariat Islam. KSPPS ini lahir sebagai salah satu solusi alternatif di kalangan masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya, dengan prinsip memberikan kemudahan dalam bertransaksi sesuai syariah. Oleh karena itu, penulis tertarik mengkaji mengenai bagaimana Oprasional Produk Simpanan Usaha Banyak Manfaat (SAHABAT) pada KSPPS Hudatama Semarang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana operasionalisasi produk SAHABAT pada KSPPS Hudatama Semarang (2) Apa keunggulan dari produk SAHABAT di KSPPS Hudatama Semarang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan analisis deskriptis, yaitu mendeskripsikan data-data yang peneliti kumpulkan baik dari hasil wawancara, observasi maupun dokumentasi, selama mengadakan penelitian di KSPPS Hudatama Semarang tentang Analisis Oprasional Produk Simpanan Usaha Banyak Banfaat (SAHABAT) di KSPPS Hudatama Semarang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Simpanan Usaha Banyak Manfaat menggunakan akad wadi’ah yaddhamanah, simpanan yang bisa membantu masyarakat sekitar dengan ketentuan simpanan bisa diambil kapan saja dan juga bisa dijadikan modal investasi bagi masyarakat sekitar tanpa adanya beban oprasional,sehingga tidak menjadi beban bagi masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: KSPPS; Wadi’ah Yad Dhamanah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 01 Nov 2019 07:41
Last Modified: 05 Jun 2021 04:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10180

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics