Pengaruh motivasi kualitas, motivasi karir, dan motivasi ekonomi terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti pendidikan profesi akuntansi (PPAK) : studi kasus mahasiswa Prodi Akuntansi Syari’ah di Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Khofshoh, Arifah Zanuba (2019) Pengaruh motivasi kualitas, motivasi karir, dan motivasi ekonomi terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti pendidikan profesi akuntansi (PPAK) : studi kasus mahasiswa Prodi Akuntansi Syari’ah di Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1505046012_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1505046012_lengkap)
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang data yang menyebutkan tentang rendahnya minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) tersebut, bahkan peminat dari perguruan tinggi yang bersangkutan jumlahnya masih rendah. Sehingga peneliti tertarik untuk meneliti tentang pengaruh faktor-faktor motivasi kaitannya dengan minat mahasiwa akuntansi untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi kualitas, motivasi karir, dan motivasi ekonomi terhadap minat mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) di Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang . Jenis data yang dibutuhkan adalah data primer dan jenis penelitian ini adalah kuantitatif berupa hasil jawaban responden yang diperoleh dari para mahasiswa akuntansi angkatan 2015-2017 di UIN Walisongo Semarang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Motivasi kualitas dan motivasi ekonomi berpengaruh terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Sedangkan Motivasi karir tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Dari analisis hasil regresi diperleh persamaan regresi Y = 12,200 + 0,201X1 + 0,096X2 + 0,186X3 + e. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi diperoleh adjusted R2 sebesar 0,404 yang artinya pengaruh yang diberikan oleh variabel motivasi kualitas, motivasi karir dan motivasi ekonomiterhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikutiPendidikan Profesi Akuntansi secara simultan sebesar 40,4% sedangkan sisanya 59,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Motivasi Kualitas; Motivasi karir; Motivasi minat; Pendidikan Profesi Akuntansi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 06 Nov 2019 03:59
Last Modified: 03 Jun 2021 08:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10193

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics