Perancangan sistem informasi akuntansi aktivitas penjualan berbasis client server pada usaha kecil menengah partner cloth

Niam, Muhammad Ahsinun (2019) Perancangan sistem informasi akuntansi aktivitas penjualan berbasis client server pada usaha kecil menengah partner cloth. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1505046065_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1505046065_Lengkap)
full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Laporan penjualan merupakan salah satu instrument penting dalam suatu entitas, khususnya perusahaan dagang.UKM Partner Cloth adalah salah satu entitas yang bergerak di bidang perdagangan.Oleh karena itu pelaku usaha harus membuat laporan penjualan yang mampu dijadikan sebagai bahan pertimbangan agar mampu menilai sejauhmana mereka dapat berkembang.Namun hingga saat ini UKM belum mampu menyajikan laporan penjualan yang mampu dijadikan sebagai bahan pengambilan keputusan.
Penelitian ini merupakan penelitian perancangan sistem informasi penjualan yang bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi di UKM Partner Cloth, dan penelitian ini menggunakan basis client-server yang memisahkan fasilitas antara pemilik sebagai server dan dan pihak reseller sebagai client.Tahapan dalam penelitian ini meliputi perencanaan, analisis, desain, implementasi dan pengujian.Sebagai langkah awal peneliti melakukan analisis terhadap sistem lama UKM.Dilanjutkan dengan perencanaan perancangan sistem yang sesuai dengan kebutuhan UKM. Kemudian berlanjut ketahap desain sistem menggunakan alat bantu berupa diagram konteks dan diagram alir untuk menggambarkan proses berjalannya sistem. Pada tahap selanjutnya penulis melakukan pengujian kelayakan, uji fungsi, dan uji efektivitas serta efisiensi untuk sistem yang telah dirancang.
Setelah tahapan itu terlaksana, hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem informasi penjualan berbasis client server yang dirancang layak digunanakan.Hal tersebut didasari oleh hasil pengujian efektivitas dan efisiensi yang seluruh indikatornya menghasilkan nilai positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sistem informasi penjualan; Client server; Usaha kecil menengah
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 005 Computer programming, programs, data
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 14 Nov 2019 01:41
Last Modified: 03 Jun 2021 08:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10201

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics