Analisis hukum Islam terhadap jual beli dropshipping di toko online Rumah Warna_Corp

Makhfiroh, Makhfiroh (2019) Analisis hukum Islam terhadap jual beli dropshipping di toko online Rumah Warna_Corp. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1402036001_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1402036001_lengkap)
skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dropshipping merupakan sistem jual beli yang memungkinkan reseller dropship untuk menjual berbagai macam produk langsung dari supplier kepada konsumen. tanpa menyimpan stok barang serta melakukan pengemasan dan pengiriman barang kepada konsumen. Jual beli sistem dropshipping yang terjadi di toko online Rumah Warna_corp menggunakan sistem pendaftaran dengan melakukan pembayaran untuk menjadi reseller dropship Rumah Warna_corp. Ketentuan barang yang dijual oleh reseller dropship masih berada ditangan supplier tanpa diketahui kondisi fisik barang tersebut sehingga memungkinkan adanya berbagai resiko seperti barang yang dipesan tidak sesuai dengan kondisi rill barang yang ada bagi para pihak yang bertransaksi dalam jual beli sistem dropshipping di toko online Rumah Warna_corp.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana praktik jual beli sistem dropshipping di toko online Rumah Warna_corp dan bagaimana analisis hukum Islam terhadap jual beli sistem dropshipping di toko online Rumah Warna_corp. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan bentuk penelitian hukum normatif-empiris. Pendekatan yang dilakukan yaitu dengan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan sumber data primer dan skunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode deskriptif analisis.
Hasil dari penelitian ini adalah: pertama, praktik jual beli sistem dropshipping di toko online Rumah Warna_corp menggunakan akad jual beli salam. Praktik tersebut belum memenuhi syarat jual beli salam mengenai ketentuan barang yang dijual karena barang masih berada ditangan supplier. Maka jual beli tersebut tidak sah. Kedua, analisis hukum Islam terhadap jual beli sistem dropshipping berdasarkan dalil hadits yang melarang jual beli barang yang belum sepenuhnya diserahterimakan maka hukumnya dilarang dan jual beli tersebut mengandung sebab garar sehingga menimbulkan berbagai resiko bagi para pihak yang bertransaksi. Akan tetapi berdasarkan kaidah umum muamalah tentang keridaan kedua belah pihak dan kaidah umum muamalah tentang hukum asal dalam semua bentuk muamalah adalah boleh dilakukan kecuali ada dalil yang mengharamkannya. Maka, selama belum ada dalil yang mengharamkan jual beli sistem dropshipping jual beli tersebut hukumnya mubah atau boleh.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Jual beli; Salam; Dropshipping; Toko online
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 004 Computer science
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 02 Dec 2019 08:32
Last Modified: 02 Dec 2019 08:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10255

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics