Tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan zakat perdagangan online pengusaha muslim “Komunitas Tangan di Atas Semarang”

Ratnyo, Ratnyo (2019) Tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan zakat perdagangan online pengusaha muslim “Komunitas Tangan di Atas Semarang”. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1402036127]
Preview
Text (Skripsi_1402036127)
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan zakat perdagangan online pengusaha muslim di komunitas tangan di atas muslim entrepreneur di Kota Semarang. Dimana dalam pelaksanaan zakat tidak ada kejelasan nis}a>b dan haul yang sesuai dengan hukum Islam. Zakat yang dikeluarkan tentunya harus menurut syarat-syarat yang telah ditentukan dalam syari’at Isla>m. Perdagangan online termasuk jenis usaha yang menguntungkan, sehingga hasil perdagangan online yang sudah mencapai nis}a>b wajib dikeluarkan zakatnya, dan zakat yang dikeluarkan tentunya harus menurut syarat-syarat yang telah ditentukan dalam syari’at Islam.
Berdasarkan latar belakang di atas maka dalam penelitian ini terdapat dua rumusan masalah. Pertama, bagaimana pelaksanaan zakat perdagangan online pengusaha muslim di Komunitas Tangan Di Atas muslim entrepreneur di Kota Semarang. Kedua, bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan zakat perdagangan online pengusaha muslim di Komunitas Tangan Di Atas muslim Semarang.
Jenis penelitian yang akan digunakan adalah jenis penelitian kualitatif, termasuk dalam penelitian normatif-empiris, penelitian yang berdasarkan data primer dengan cara observasi atau wawancara terstruktur dan dokumentasi, kemudian analisis data dilakukan dengan memilih hal pokok yang bersumber dari tempat penelitian dan selanjutnya membandingkanya dengan teori dan dalil yang ada dengan menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa. Pertama, pengusaha muslim di Komunitas Tangan Di Atas Semarang dalam pelaksanaan zakatnya yaitu dengan cara patungan dan anggota secara pribadi masih mengeluarkan zakat dengan perhitungan atas inisiatif sendiri, sehingga zakat perdagangan online tidak jelas nis}a>b dan haulnya. Kedua, pelaksanaan zakat perdagangan online pengusaha muslim di Komunitas Tangan Di Atas Semarang. saat mengeluarkan zakat, mereka banyak yang tidak memperhatikan syarat dan ketentuan zakat yang sudah diatur dalam syara’. Sehingga dapat dikatakan bahwa zakat yang dikeluarkan pengusaha muslim di Komunitas Tangan Di Atas tidak sah, Semua ulama (empat mazhab) sepakat bahwa zakat harta dagangan adalah wajib, diantaranya cukup nis}a>b dan haul. Mayoritas fuqoha sepakat bahwa nis}a>b komoditas perdagangan adalah sepadan dengan 85 gram emas, pada akhir masa haul. Besar zakat yang harus dikeluarkan adalah 2,5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Zakat perdagangan; Zakat online
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 005 Computer programming, programs, data
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 04 Dec 2019 08:33
Last Modified: 04 Dec 2019 08:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10263

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics