Pandangan Tan Malaka tentang Tuhan

Atho’illah, Muhammad (2019) Pandangan Tan Malaka tentang Tuhan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_124111026]
Preview
Text (Skripsi_124111026)
skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Judul dari tulisan ini yaitu; “Pandangan Tan Malaka tentang Tuhan”. Nama Tan Malaka sangat jarang terdengar sepak terjangnya dalam penyajian materi sejarah. Tan Malaka merupakan seorang tokoh kemerdekaan, yang terkenal dengan pemikirannya dan gagasan-gagasan revolusioner yang radikal. Tulisan ini mencoba memahami dan menyelami konsep Tuhan dalam struktur pemikiran Tan Malaka sebagai orang Minangkabau yang memutuskan untuk berjuang menuju Indonesia merdeka sesuai dengan pergerakan yang diyakininya; yakni marxisme. Pengalaman dan pengetahuan mengenai marxisme yang diperoleh ikut membentuk pemikiran Tan Malaka tentang konsep masyarakat yang ideal baginya. Memahami Konsep Tuhan dalam struktur pemikiran Tan Malaka, haruslah lah dikaitkan dengan Alam Minangkabau, sebagai sebagai tempat di mana Tan Malaka dilahirkan dan dibentuk oleh ruang Minangkabau. Hal ini menjadi penting karena penekanan kultural dalam diri Tan Malaka akan menjadi dasar ketika memaknai perjalanan rantaunya (merantau).
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis studi kepustakaan. Peneliti akan mengumpulkan data-data pustaka berupa artikel, buku, jurnal dan literatur lainnya yang berhubungan dengan Tan Malaka. Kemudian peneliti akan mempelajari, menulis, dan mencatat yang kemudian akan diteliti dan dikaji dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif sejarah dengan pendekatan Heuristik yakni mencari, mengumpulkan mengkategorikan dan meneliti sumber-sumber sejarah termasuk yang ada dalam buku referensi di antaranya yang berkaitan langsung dengan Tan Malaka. Yang kemudian penulis Historiografikan yakni merekonstruksi imajinatif masa lampau manusia berdasarkan bukti-bukti dan data yang diperoleh melalui proses menguji dan menganalisis secara kritis rekaman dan peninggalan masa lampau.
Sehingga memperoleh hasil bahwa Konsep Tuhan haruslah dipahami dan diyakini melalui jembatan rasionalitas Madilog dengan spirit perjuangan untuk melawan imperialisme dan kolonialisme. Konsep Tuhan menurut Tan Malaka berangkat dari konsep Tuhan dalam pandangan Islam. Madilog sebagai konsep cara berpikir rasional yang digunakan oleh Tan Malaka, puncaknya adalah pemahaman tentang ke- Esa -an Tuhan. Qul huwallāhu aḥad… Tuhan Esa yang dibawa oleh Muhammad saw, menurut Tan Malaka merupakan gerak rasionalitas yang paling tinggi, dalam bahasanya Tan Malaka menyebutnya sebuah puncak rasioanalitas. Muhammad bin Abdullah tertarik oleh Tuhan Esanya, Nabi Ibrahim, Musa dan Daud. Di sini Tuhan itu lebih terang ke Esaannya pada pertarungan lahir batin yang seru sengit yang mesti dijalankan dengan jasmani dan rohani yang mesti dipimpin oleh satu kemauan, Sedangkan ketersesuaian konsep Tuhan menurut Tan Malaka dengan sistem berketuhanan di Indonesia khususnya saat ini, tidaklah terlepas dari konteks kesejarahan berdirinya negara Indonesia. Pancasila sebagai dasar negara, pandangan bernegara, ideologi bangsa sampai pada Pancasila sebagai sebuah cita -cita, dengan sila pertamanya yang berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa. Tuhan Yang Maha Esa menjadi sebuah dasar yang paling fundamental, juga sebagai sebuah landasan yang paling mendasar dalam bernegara. Sayangnya relevansi konsep Tuhan menurut Tan Malaka terjadi ketidak tersesuaian dengan sistem berketuhanan di Indonesia saat ini. Sehingga pola pikir yang dicoba dibangun Tan Malaka, yakni Madilog sama sekali jauh dari harapan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tan Malaka; Tuhan; Madilog
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.21 God and spiritual beings > 297.211 God / Allah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 01:01
Last Modified: 13 Jun 2021 04:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10338

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics