Praktik zikir Ayat Kursi di Pondok Pesantren Al-Irsyad Al-Mubarok Gajah Demak : studi living hadis

Nurhasanah, Lia Oktafia (2019) Praktik zikir Ayat Kursi di Pondok Pesantren Al-Irsyad Al-Mubarok Gajah Demak : studi living hadis. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_150402607_LIA_OKTAFIA_ NURHASANAH]
Preview
Text (SKRIPSI_150402607_LIA_OKTAFIA_ NURHASANAH)
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul "Praktik Zikir Ayat Kursi di Pondok Pesantren Al-Irsyad Al-Mubarok Gajah Demak (Study Living Hadis)". Pelaksanaan Praktik zikir Ayat Kursi di Pondok Pesantren Al-Irsyad Al-Mubarok Gajah Demak ini dilaksanakan secara berjama'ah. Praktik ini bermula dari ijazah seorang guru yang didasari oleh seringnya para Santri Putri Pondok Pesantren Al-Irsyad Al-Mubarok Gajah Demak mendapat gangguan dari makhluk halus. Amalan ini ditujukan untuk menghindari hal-hal tersebut.
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui tentang tata cara praktik zikir yang dilakukan oleh Santri Putri Pondok Pesantren Al-Irsyad Al-Mubarok Gajah Demak karena berbeda dengan zikir pada umumnya. Selain itu juga untuk mengetahui manfaat dan hasil dari praktik (amalan) yang dilakukan setiap harinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan fenomenologi. Yakni metode yang digunakan untuk mendeskripsikan, menginterpretasikan apa adanya, baik mengenai sejarah, kejadian atau peristiwa dalam situasi tententu yang nampak. Dalam penelitian ini mengambil data dari pengasuh, pengurus, dan Santri Putri Pondok Pesantren Al-Irsyad Al-Mubarok Gajah Demak sebagai objek penelitian. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Melalui tiga teknik tersebut peneliti menganalisis data-data yang dibutuhkan .
Dalam sebuah penelitian yang peneliti lakukan, terdapat hasil yang sesuai dengan yang peneliti harapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Santri Putri Pondok Pesantren Al-Irsyad Al-Mubarok Gajah Demak menganggap dengan adanya praktik zikir Ayat Kursi ini sangat bermanfaat dan mempunyai banyak sisi positif. (2) Praktik zikir Ayat Kursi yang dilakukan oleh Santri Putri Pondok Pesantren Al-Irsyad Al-Mubarok Gajah Demak sebanyak enam kali dimulai membaca dari menghadap ke depan, samping kanan, belakang, samping kiri dan menghadap ke atas dan bawah. (3) Dengan adanya praktik zikir Ayat Kursi ini dapat menenangkan jiwa para pengamalnya dan melindungi diri dari segala marabahaya.
Dengan adanya penelitian ini diharapkan setiap Santri Putri Pondok Pesantren Al-Irsyad Al-Mubarok Gajah Demak mampu melestarikan dan senantiasa mengamalkan kebiasaan membaca Ayat Kursi tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Zikir; Ayat Kursi; Living hadis; Pondok pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.125 Hadits
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 01:18
Last Modified: 16 Nov 2021 06:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10343

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics