Resepsi fungsional Al-Qur’an sebagai syifā’ di Pondok Pesantren Roudhotut Tholabah Ki Ageng Serang Purwodadi

Yunus, Moch Barkah (2019) Resepsi fungsional Al-Qur’an sebagai syifā’ di Pondok Pesantren Roudhotut Tholabah Ki Ageng Serang Purwodadi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1504026012_MOCH_BARKAH_YUNUS]
Preview
Text (SKRIPSI_1504026012_MOCH_BARKAH_YUNUS)
Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas bagaimana ayat-ayat suci al-Qur’an di resepsi dan di praktikan sebagai obat untuk mengobati orang yang menderita gangguan kejiwaan. Praktik pengobatan seperti ini dilakukan di Pondok Pesantren Roudhotut Tholabah Ki Ageng Serang. Letak pondok pesantren ini berada di sebuah desa di kecamatan Purwodadi kabupaten Grobogan yakni desa Cingkrong. Adapun ayat suci al-Qur’an yang dijadikan dasar dalam praktik pengobatan ini adalah al-Qur’an surat al-Isrā’ ayat 82.
Dalam pembahasan penelitian ini, peneliti memfokuskan dalam resepsi al-Qur’an yang ada di Pondok Pesantren Roudhotut Tholabah Ki Ageng Serang. Hal ini berkaitan dengan teori yang digunakan oleh peneliti, yakni teori resepsi terhadap al-Qur’an. Dalam penelitian ini peneliti berusaha mengungkap bagaimana orang menerima, merspon, memanfaatkan, ataupun menggunakan al-Qur’an sebagai teks yang memiliki maknanya sendiri. Selain itu, peneliti juga berusaha mengungkap bagaimana praktik penggunaan al-Qur’an sebagai obat untuk mengobati pasien gangguan kejiwaan.
Penelitian ini termasuk kedalam penelitian lapangan (Field Research). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode living Qur’an. Metode ini digunakan dengan tujuan untuk mengungkap praktik pengobatan yang dilakukan di Pondok Pesantren Roudhotut Tholabah Ki Ageng Serang. Dalam desainnya penelitian ini dirancang sebagai penelitian kualitatif. Oleh karena itu, untuk memperoleh data yang dibutukan dalam penelitian ini, peneliti mengumpulkannya dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu analisis penelitian yang dilakukan dengan cara mendeskripsikan suatu situasi tertentu yang bersifat formal secara sistematis dan akurat.
Hasil dari penelitian yang dilakukan di Pondok Pesantren Roudhotut Tholabah Ki Ageng Serang adalah al-Qur’an dijadikan sebagai obat untuk mengobati pasien gangguan kejiwaan salah satunya alasannya adalah adanya petunjuk yang diungkapkan dalam sumber ajaran agama Islam yakni al-Qur’an surat al-Isrā’ ayat 82. Al-Qur’an dipercaya memiliki kekuatan luar biasa apabila dibacakan maupun di dengarkan. Setiap orang yang membaca al-Qur’an memiliki efek positif bagi setiap orang yang membacanya maupun yang mendengarkan. Di Pondok Pesantren Roudhotut Tholabah al-Qur’an selalu dilantunkan dengan harapan santri yang mempunyai penyakit ruhani bisa sembuh.
Cara mempraktikkan al-Qur’an untuk pengobatan yang dilakukan di pesantren ini dengan cara dibacakan secara langsung kepada pasien dan melalui media-media lain, seperti ayam putih mulus satu jodo, air, obat herbal, madu, dan lain sebagainya. Seluruh kegiatan yang dilakukan oleh para santri di pondok pesantren tersebut termasuk dalam proses pengobatan karena dalam praktiknya al-Qur’an selalu dilantunkan. Selain itu, dalam proses penyembuhan, seluruh santri atau pasien ditekankan untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta agar cepat mendapatkan kesembuhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Alquran; Obat; Podnok pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 01:53
Last Modified: 17 Nov 2021 07:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10348

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics