Peningkatan pertumbuhan tanaman mentimun (Cucumis sativus L.) var. roman dengan pupuk cair eceng gondok (Eichhornia crassipes (mart) solms.)

Zakiyah, Arifatu (2019) Peningkatan pertumbuhan tanaman mentimun (Cucumis sativus L.) var. roman dengan pupuk cair eceng gondok (Eichhornia crassipes (mart) solms.). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Pendidikan Biologi_123811021]
Preview
Text (Pendidikan Biologi_123811021)
SKRIPI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Eceng Gondok (Eichornia crassipes (Mart) Solms.) merupakan tumbuhan menahun yang tumbuh mengapung dan berakar di dasar. Eceng gondok selama ini belum dimanfaatkan secara maksimal oleh manusia, oleh karena itu tumbuhan ini dikelola menjadi pupuk organik cair untuk menanggulangi dampak pertumbuhannya yang pesat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk cair eceng gondok (Eichhornia crassipes (Mart) Solms.) terhadap pertumbuhan tanaman mentimun (Cucumis sativus L.) var. Roman serta kelayakan poster pupuk cair ceng gondok digunakan sebagai media belajar biologi bagi mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan rancangan acak lengkap (RAL). Penelitian dilakukan di Desa Jragung Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak pada tanggal 11 September 2018 – 15 November 2018. Pengambilan data penelitian dimulai 1 minggu setelah tanam dengan parameter yang diukur di antaranya diameter batang, jumlah helai daun dan tinggi batang. Perhitungan penelitian dengan metode ANOVA diperoleh nilai F sebesar 3,48, diameter batang sebesar 5,675, jumlah helai daun sebesar 5,846 dan tinggi batang sebesar 2,513. Nilai F hitung lebih besar dari nilai F tabel pada diameter batang dan jumlah helai daun saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Eceng Gondok; Pupuk Organik Cair; Tanaman Mentimun
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 574 [Unassigned -- Dahulu Biology-Edisi 20]
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 08:20
Last Modified: 30 Dec 2019 08:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10404

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics