Metode pendidikan akhlak di Madrasah Tsanawiyah NU Nurul Huda Kota Semarang

Chemahma, Miss Sareena (2019) Metode pendidikan akhlak di Madrasah Tsanawiyah NU Nurul Huda Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 1703016151_Skripsi]
Preview
Text (1703016151_Skripsi)
PDF FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode pendidikan akhlak di MTs NU Nurul Huda kota Semarang.
Penelitian ini berusaha menganalisis bagaimana metode pendidikan akhlak di MTs NU Nurul Huda kota Semarang. Untuk menjawab permasalahan di atas, digunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Dengan mengambil data belakang MTs NU Nurul Huda Kota Semarang, pengumpulan data menggunakan beberapa metode yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Subyek penelitian adalah yang menjadi subyek dan sekaligus sumber informasi, adalah kepala sekolah MTs NU Nurul Huda, Guru Akidah Akhlak dan peserta didik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa metode pelaksanaan pendidikan akhlak MTs NU Nurul Huda dalam melaksana dengan baik, terlihat pada ketetapan guru dalam memilih metode pelaksanaan pendidikan akhlak yang meliputi ketetapan dalam melakukan pendekatan, metode termasuk metode diskusi, metode ceramah, metode nasihat, metode Tanya jawab dan metode keteladanan, dalam memilih metode mengajar pola intraksi dengan siswa dan mengelolaan kelas yang mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan akhlak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 17 Jan 2020 03:30
Last Modified: 17 Jan 2020 03:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10481

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics