Minat nasabah pembukaan tabungan haji untuk anak sejak usia dini di BRI Syariah KCP Purwodadi

Aliyah, Naimatul (2019) Minat nasabah pembukaan tabungan haji untuk anak sejak usia dini di BRI Syariah KCP Purwodadi. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of tugas akhir-1605015006_lengkap]
Preview
Text (tugas akhir-1605015006_lengkap)
1605015006_TUGAS AKHIR.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh produk tabungan haji untuk anak di BRI Syariah KCP Purwodadi yang sampai saat ini masih di minati oleh masyarakat dan penting bagi masa depan anak-anak. Produk tabungan haji ini menggunakan akad mudharabah muthlaqah, dimana pihak bank diberi kebebasan dalam mengelola dana nasabah selama tidak bertentangan dengan prinsip syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa akad yang digunakan dalam tabungan ini dan prosedur pembukaan nya dan yang paling penting sejauhmana efesiensi pembukaan tabungan haji untuk anak sejak usia dini sampai saat ini dengan menggunakan dua macam teknik pengumpulan data yaitu melalui penelitian kepustakaan (Library Research) dan penelitian lapangan (Field Research). Dalam menganalisa data penulis menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif.
BRI Syariah KCP Purwodadi menggunakan akad mudharabah muthlaqah karena tabungan haji sifatnya mengikat pemilik dana untuk jangka panjang sebagai persiapan pendaftaran dan pelunasan haji, sehingga tabungan haji tersebut tidak dapat diambil sewaktu-waktu. Prosedur pembukaan tabungan haji untuk anak sama seperti pembukaan tabungan haji yang lainnya. Hanya saja data yang digunakan yaitu data orang tua, data anak hanya di cantumkan di buku tabungan sebagai nama pemilik rekening tabungan haji tersebut. Semua tanda tangan yang di perlukan dalam pembuatan rekening tabungan anak juga di wakili semua oleh orang tua. Program tabungan haji untuk anak pada BRI Syariah KCP Purwodadi masih sama dan satu produk dengan tabungan haji BRI Syariah iB jadi semua persyaratan tetap sama kecuali untuk anak ada persyaratan tambahan berupa akta kelahiran, kartu keluarga dan KTP orang tua. Pembukaan tabungan haji untuk anak sejak usia dini sangat efesien bagi para orang tua dan hal ini adalah cara yang tepat untuk membentuk masa depan anak di masa yang akan datang. Di lihat dari syarat-syaratnya yang cukup sederhana, tabungan haji untuk anak cukup membantu nasabah dalam mempersiapkan tabungan haji untuk anak nya. Sampai saat ini minat masyarakat untuk membuka tabungan haji untuk anak di nilai lumayan dan bisa di tingkatkan lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Mudharabah Muthlaqah; Tabungan Haji untuk Anak; Minat Nasabah Tabungan Haji; BRI Syariah KCP Purwodadi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 24 Feb 2020 10:41
Last Modified: 05 Jun 2021 01:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10639

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics