Operasional pembiayaan dalam praktik akad murabahah pada pembiayaan barang modal kerja di KSPPS Binama Cabang Tlogosari

Rahmah, Alfitra (2019) Operasional pembiayaan dalam praktik akad murabahah pada pembiayaan barang modal kerja di KSPPS Binama Cabang Tlogosari. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of tugas akhir_1605015041_lengkap]
Preview
Text (tugas akhir_1605015041_lengkap)
1605015041_TUGAS AKHIR.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

KSPPS Binama merupakan koperasi simpan pinjam syariah yang memiliki tugas pokok menhimpun dan menyalurkan dana dari anggota koperasi. Dalam kegiatan operasionalnya KSPPS Binama menghimpun berbagai produk simpanan (funding) dan juga menyalurkan dana dalam bentuk produk pembiayaan (lending) dengan menggunakan akad-akad yang telah diatur dalam syariat Islam. Pembiayaan barang modal kerja merupakan salah satu produk pembiayaan di KSPPS Binama yang menggunakan akad murabahah.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana praktik akad murabahah pada pembiayaan barang modal kerja serta untuk mengatahui bagaimana mekanisme pelaksanaannya di KSPPS Binama. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang mengambil objek di KSPPS Binama cabang Tlogosari dengan menggunakan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis untuk memberikan gambaran praktik murabahah pada pembiayaan barang modal kerja di KSPPS Binama.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa praktik akad murabahah pada pembiayaan barang modal kerja merupakan murabahah bil wakalah dimana anggota diberikan kuasa sepenuhnya sebagai perwakilan dari KSPPS Binama untuk membeli barang modal yang dibutuhkannya. Praktik akad murabahah dengan wakalah pada pembiayaan barang modal kerja di KSPPS Binama kurang sesuai dengan ketentuan syariah yang diatur dalam fatwa DSN-MUI Nomor 04/DSN-MUI/IV/2000 tentang murabahah yang menyatakan bahwa untuk pembiayaan murabahah uang digandengkan secara pararel dengan wakalah oleh Bank kepada nasabah untuk membeli barang, maka akad murabahah hanya bisa dilaksanakan ketika barang sudah ada dan sah menjadi Bank atau ketika proses wakalah selesai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jual beli (Islam); Muamalah; Islam dan Ekonomi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 25 Feb 2020 02:09
Last Modified: 05 Jun 2021 03:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10655

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics