Analisis akuntabilitas pengelolaan dana desa terhadap pemberdayaan masyarakat desa : studi komparatif di Desa Sidomakmur dan Desa Kedungsuren Kecamatan Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal

Rina, Selvani Okta (2019) Analisis akuntabilitas pengelolaan dana desa terhadap pemberdayaan masyarakat desa : studi komparatif di Desa Sidomakmur dan Desa Kedungsuren Kecamatan Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1505046028_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1505046028_Lengkap)
1505046028.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pemberian wewenang kepada desa dalam mengelola dana desa yang diberikan menjadi suatu aktivitas yang memerlukan perhatian lebih agar pelaksanaannya sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan. Untuk itu penelitian ini dilakukan terkait dengan Akuntabilitas dana desa terhadap pemberdayaan Masyarakat Desa Sidomakmur dan Desa Kedungsuren Kecamatan Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjelaskan serta membandingkan mulai dari tahap perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan Sesuai dengan peraturan Bupati Kendal Nomor 82 tahun 2016 tentang tata cara pengalokasian dan penyaluran dana desa di Kabupaten Kendal.
Penelitian ini dilakukan di dua desa yaitu Desa Sidomakmur dan Desa Kedungsuren Kecamatan Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal. Tekhnik pengambilan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan tekhnik analisis deskriptif komparatif. Penelitian ini juga disebut penelitaian kasual komparatif. Penelitian kasual komparatif yaitu penelitian yang berusaha untuk menentukan penyebab atau alasan mengapa terdapat perbedaan pada tingkah laku atau status suatu kelompok maupun individual .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Desa Sidomakmur normatif dan administratif pengelolaan dana desa dilakukan dengan baik sedangkan Desa Kedungsuren secara normatif dan administratif pengelolaan dana desa dilakukan dengan baik, Namun secara substansi desa Sidomakmur masih belum menyentuh makna pemberdayaan yang sesungguhnya. Dan masih membutuhkan bimbingan dari pihak kecamatan dalam penggelolaan dana desa. Selain itu, beberapa stakeholders juga belum melaksanakan perannya secara maksimal. Seperti Perangkat Desa dan pihak-pihak terkait. Sebaliknya Desa Kedungsuren sudah menyentuh makna pemberdayaan. Serta stakeholders nya telah melaksanakan perannya secara maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Akuntabilitas; Dana desa; Pelaporan pertanggungjawaban; Pemberdayaan masyarakat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 02 Mar 2020 08:42
Last Modified: 03 Jun 2021 08:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10767

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics