Peran aparat pemerintahan desa dalam pengelolaan dana desa untuk mewujudkan good governance : studi komparatif pada Desa Kedungsuren dan Desa Sidomakmur Kecamatan Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal

Asna, Dina Rahmatul (2019) Peran aparat pemerintahan desa dalam pengelolaan dana desa untuk mewujudkan good governance : studi komparatif pada Desa Kedungsuren dan Desa Sidomakmur Kecamatan Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1505046029_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1505046029_Lengkap)
1505046029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran aparat pemerintahan desa yaitu Desa Kedungsuren dan Desa Sidomakmur dalam mengelola dan melaksanakan dana desa mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan pertanggungjawaban untuk mewujudkan good governance.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan komparatif, yaitu mendeskripsikan peran aparat pemerintahan Desa Kedungsuren dan Desa Sidomakmur dalam mengelola dan melaksanakan dana desa untuk mewujudkan good governance. Kemudian hasil antara kedua dibandingkan manakah yang sudah sepenuhnya melaksanakan dan memenuhi prinsip diatas, sehingga dapat ditarik kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Aparat Desa Sidomakmur secara garis besar sudah lebih baik daripada Desa Kedungsuren dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan peraturan yang berlaku dan prinsip good governance yang dibahas. Penelitian menunjukkan bahwa Aparat Pemerintahan Desa Sidomakmur berperan dalam pelaksanaan dana desa di Pemerintahan Desa serta mengupayakan pelaksanaan prinsip Good Governance dalam pemerintahan desa. Untuk pemerintahan DesaKedungsuren, aparat pemerintah desa sudah berperan terhadap pelaksanaan dana desa, hanya saja secara teknis masih terdapat kendala, kendala tersebut berupa kurangnya inisiatif dari aparat pemerintahan desa untuk saling bekerjasama dalam hal perencanaan dan pelaporan, khususnya di Desa Kedungsuren.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dana desa; Aparat Pemerintahan Desa; Good governance
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 02 Mar 2020 08:43
Last Modified: 03 Jun 2021 08:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10768

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics