Pengaruh pembiayaan ARRUM BPKB dan strategi pemasaran terhadap perkembangan usaha mikro kecil menengah di Semarang : studi pada nasabah cabang Pegadaian Syariah Majapahit Semarang

Risqiyah, Farizatur (2019) Pengaruh pembiayaan ARRUM BPKB dan strategi pemasaran terhadap perkembangan usaha mikro kecil menengah di Semarang : studi pada nasabah cabang Pegadaian Syariah Majapahit Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1505026004_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1505026004_Lengkap)
1505026004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kegiatan sektor usaha kecil menengah (UMKM) tidak selalu berjalan mulus, di Semarang perkembangan UMKM sangat baik, akan tetapi pada tahun 2017 angka pengangguran naik sebesar 6,61%. Sehingga perlu adanya strategi pemasaran yang lebih baik lagi dan permodalan yang memadai. Pembiayaan yang di salurkan oleh pegadaian syariah melalui salah saru produknya Ar-Rahn usaha mikro (ARRUM) belum mencapai target dan mengalami penurunan sebesar 40.28%.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Pembiayaan ARRUM dan Strategi Pemasaran berpengaruh terhadap Perkembangan Usaha mikro kecil menengah di Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kuantitatif, analisi regresi berganda. Sampel dalam penelitian adalah nasabah yang melakukan pembiayaan ARRUM di Cabang Pegadaian Syariah Majapahit Semarang, adapun sampel yang digunakan berjumlah 82 orang. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui koesioner.
Hasil dari penelitian ini menunjukka bahwa Y = 6,198 + 0,503 X1 + 0,612 X2 +e. Dari uji t (parsial) didapatkan bahwa Pembiayaan ARRUM berpengaruh signifikan terhadap perkembangan usaha mikro kecil menengah sebesar 2,948 dan Strategi pemasaran berpengaruh signifikan terhadap perkembangan usaha mikro kecil menengah sebesar 3,004. Dari hasil uji F (simultan) didapatkan bahwa pembiayaan ARRUM dan strategi pemasaran secara bersama-sama berpengaruh terhadap perkembangan usaha mikro kecil menengah sebesar 9,833. Nilai R-square sebesar 0,175 atau 1,75%, ini menunjukkan bahwa variabel Perkembangan usaha mikro kecil menengah dipengaruhi oleh variabel Pembiayaan ARRUM dan strategi pemasaran. Sedangkan 98,25% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan ARRUM ; Strategi Pemasaran ; Perkembangan usaha mikro kecil menengah; islam dan Ekonomi; Bisnis
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 02 Mar 2020 10:14
Last Modified: 02 Mar 2020 10:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10791

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics