Analisis isi media NU online tentang radikalisme

Nurrohman, Muhammad (2019) Analisis isi media NU online tentang radikalisme. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Wacana radikalisme melalui media online marak di berbagai
pemberitaan baik berbasis individu maupun organisasi melalui berbagai bentuk platform yang dikemas dalam masing-masing media massa online. Radikalisme diekspresikan dalam bentuk dukungan serta penolakan dengan menyatukan ide dan gagasan melalui kalimat, gestur, maupun kata-kata radikal. Namun tidak semua pembahasan tentang radikalisme mendukung tindakan yang berseberangan dengan ideologi Pancasila. Ada pula konten yang melakukan perlawanan terhadap radikalisme, salah satunya seperti yang dipublikasikan di NU Online.

NU Online menjadi salah satu media online yang tidak setuju
dengan gagasan radikalisme. Alasan tersebut diperkuat dengan adanya tujuh artikel dan berita di website www.nu.or.id. Hal ini menjadi penting mengingat NU Online merupakan website yang dikelola oleh ormas Islam terbesar di Indonesia, NU. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengajukan dua buah rumusan masalah. Pertama, bagaimana
konten di NU Online tentang radikalisme? Kedua, bagaimana analisis konten di NU Online tentang radikalisme?
Penelitian ini menyajikan jenis analisis isi (content analysis) berdasarkan pandangan Teun A. Van Dijk yang meliputi enam elemen utama untuk melakukan analisis. pertama meliputi struktur makro (tematik), kedua, superstruktur atau skematik, ketiga semantic, keempat sintaksi, kelima elemen stilistik, keenam unsur retoris, yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Menggunakan pendekatan ini, akan menghasilkan rangakaian kalimat, tabel, gambar, ataupun aspek grafis lainnya yang mampu mendeskripsikan data secara detail.

Hasil penelitian mendapatkan bahwa analisis wacana NU Online
hendak menyampaikan bahwa NU berusaha melawan radikalisme agama dengan cara mengukuhkan ajaran Aswaja. Melalui NU Online, NU meminta warganya untuk senantiasa menghidupkan tradisi Aswaja NU. Hal ini seakan menegaskan bahwa NU Online sebagai bagian dari NU berusaha keras menjaga ideologi Pancasila dari radikalisme agama yang semakin marak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Analisis wacana; Media online; Radikalisme agama
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 070 News media, journalism, publishing
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 05 Mar 2020 06:22
Last Modified: 05 Mar 2020 06:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10833

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics