Penanaman Nilai-Nilai Karakter (Toleransi Dan Disiplin) Melalui Pembiasaan Shalat Dzuhur Berjamaah Di SMP Negeri 18 Semarang

Rosyidah, Munfaridatur (2019) Penanaman Nilai-Nilai Karakter (Toleransi Dan Disiplin) Melalui Pembiasaan Shalat Dzuhur Berjamaah Di SMP Negeri 18 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 1503016183.pdf]
Preview
Text
1503016183.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penanaman nilai-nilai karakter (toleransi dan disiplin) di
sekolah sangatlah diperlukan. Mengingat bahwa saat ini Indonesia sedang mengalami banyak problematika. Seperti halnya dalam dunia pendidikan yaikni kurangnya sikap toleransi antar sesama dan tingkat kedisiplinan pelajar yang semakin menurun. Hal ini tentu tidak dapat dibiarkan. Maka dalam skripsi ini penulis mencoba menganalisis tentang: nilai-nilai karakter (toleransi dan disiplin) apa saja yang diterapkan dan bagaimana implementasi nilai-nilai karakter (toleransi dan disiplin) melalu pembiasaan shalat dzuhur berjamaah di SMP Negeri 18 Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian iniyaitu: dokumentasi, observasi, wawancara. Adapun teknik analisis data yakni menggunakan data reduction, data display dan data conclusion.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter
toleransi yang diterapkan di SMP Negeri 18 Semarang meliputi: 1) tindakan menghargai perbedaan, 2) menghormati teamn yang berbeda agama, 3) berteman tanpa membedakan agama, 4) tidak menganggu teman belajar, 5) menghormati hari besar agama lain, 6) tidak menjelakkan ajaran agama lain. Sedangkan nilai-nilai karakter disiplin yaitu meliputi: masuk dan pulang sekolah sesuai dengan tata tertib sekolah, membaca asmaul husna dan berdo‟a sebelum pelajaran dimulai, mengikuti kegiatan ekstrakulikuler, memakai seragam sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dan bersepatu warna hitam,melaksanakan tugas-tugas yang sudah menjadi tanggung jawabnya, menaati peraturan yang telah ditetapkan. Adapun nilai-nilai karakter toleransi dalam pembiasaan shalat dzuhur berjamaah yakni dengan berjabat tangan selesai shalat berjamaah bisa menjalin kebersamaan dan kerukunan antar sesama. Sedangkan nilai-nilai karakter disiplin dalam pembiasaan shalat dzuhur berjamaah yakni disiplin waktu dan disiplin dalam hal beribadah. Implementasi pelaksanaan pembiasaan shalat dzuhur berjamaah di SMP Negeri 18 Semarang dapat dilihat dari berbagai aspek yaitu, peran guru, metode, waktu pelaksanaan, tujuan serta faktor penghambat dan pendukung. Upaya pembiasaan shalat dzuhur berjamaah melibatkan semua guru. metode yang digunakan yaitu, metode pengajaran, metode keteladanan, metode pembiasaan, dan metode nasehat. Shalat dzuhur berjamaah di SMP Negeri 18 Semarang dilaksanakan setiap hari. Adapun tujuan diadakannya pembiasaan shlat dzuhur berjamaah yaitu untuk menguatkan karakter anak agar mempunyai karakter yang berakhlakul karimah. Namun dalam proses pelaksanaan pembiasaan shalat dzuhur berjamaah tersebut terdapat faktor penghambat dan faktor pendukung. Dalam prakteknya guru, peserta didik, lingkungan serta sarana dan prasarana bisa menjadi faktor penghambat dan pendukung adanya pembiasaan shalat dzuhur berjamaah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Karakter (Toleransi dan Disiplin; Pembiasaan Salat Dzuhur Berjamaah; Salat Wajib; Sekolah Lanjutan Pertama
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 09 Mar 2020 07:57
Last Modified: 09 Mar 2020 07:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10896

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics