Program pemanfaatan dana desa untuk pembangunan masyarakat : studi kasus Desa Sidoluhur Kecamatan Jaken Kabupaten Pati

Rijal, Choirur (2019) Program pemanfaatan dana desa untuk pembangunan masyarakat : studi kasus Desa Sidoluhur Kecamatan Jaken Kabupaten Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1506026024]
Preview
Text (Skripsi_1506026024)
1506026024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dana desa yang didapat di Desa Sidoluhur berjumlah sangat besar setiap tahunnya. Akan tetapi, pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah Desa Sidoluhur selalu monoton. Artinya, pembangunan desa dilakukan dengan cara membangun infrastruktur yang setiap tahun sama misal, pembangunan jalan, gorong-gorong dan lain sebagainya. Padahal, terdapat aspek pembangunan lain yang dapat dilaksanakan, sehingga pembangunan dapat lebih dinamis dan merata ke semua aspek di Desa Sidoluhur. Pendekatan penelitian ini adalah dekriptif kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah studi kasus.

Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer didapatkan dengan cara melakukan wawancara secara mendalam kepada informan di lapangan. Sedangkan data sekunder didapat dari dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian ini. Subjek di dalam penelitian ini adalah pemerintah Desa Sidoluhur, tomas toga toda (tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda), dan warga Desa Sidoluhur.

Penelitian ini menggunakan analisis gender sebagai kerangka teori. Adapun analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif. Peneliti membuat singkatan dan menyeleksi data yang diperoleh di lapangan. Kemudian diikuti penyusunan sajian data yang berupa cerita sistematis disertai dengan tabel sebagai pendukung sajian data. Setelah pengumpulan data berakhir, tindakan peneliti selanjutnya adalah menarik kesimpulan dirasa kurang mantap maka peneliti akan menggali fieldnote (catatan lapangan).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembangunan sudah
berjalan massif di Desa Sidoluhur. Pembangunan yang selalu gencar dilakukan adalah infrastruktur. Akan tetapi, pembangunan tersebut tidak hanya infrastruktur yang berkaitan dengan akses mobilitas, akan tetapi pemerintah juga membangun infrastruktur yang berkaitan dengan pendidikan, ekonomi, budaya dan olahraga. Meskipun demikian, pembangunan di Desa Sidoluhur selalu terjadi pengulangan
setiap tahunnya. Pemerintah Desa Sidoluhur kurang memiliki inisiasi ataupun inovasi dalam memunculkan program-program yang dapat menunjang potensi masyarakat. Oleh sebab itu, musyawarah semua pihak di Desa Sidoluhur, baik pemerintah desa maupun masyarakat harus ditingkatkan sehingga program-program unggul akan muncul dan dapat memberikan dampak pada kemajuan desa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dana desa; Pembangunan masyarakat
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 10 Mar 2020 08:41
Last Modified: 29 May 2021 03:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10917

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics