Bimbingan mental spiritual bagi remaja putus sekolah terlantar di Panti Pelayanan Sosial Anak "Wira Adhi Karya" Ungaran

Octiana, Intan Badillah (2019) Bimbingan mental spiritual bagi remaja putus sekolah terlantar di Panti Pelayanan Sosial Anak "Wira Adhi Karya" Ungaran. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi full.pdf]
Preview
Text
skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Intan Badillah Octiana (1501016039) “BIMBINGAN MENTAL SPIRITUAL BAGI REMAJA PUTUS SEKOLAH TERLANTAR DI PANTI PELAYANAN SOSIAL ANAK “WIRA ADHI KARYA” UNGARAN. Remaja putus sekolah terlantar merupakan salah satu bentuk permasalahan sosial yang harus mendapatkan perhatian khusus, karena dampak yang ditimbulkan tidak hanya dirasakan oleh individu tetapi juga oleh masyarakat. Dampak yang ditimbulkan yaitu pengangguran, kriminalitas, kemiskinan, dan kenakalan remaja. Adanya upaya yang dilakukan untuk mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan oleh remaja tersebut.

Adapun rumusan masalah: (1) Bagaimana pelaksanaan bimbingan mental spiritual bagi remaja putus sekolah terlantar di Panti Pelayanan Sosial Anak “Wira Adhi Karya” Ungaran?. (2) Apa sajakah faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan bimbingan mental spiritual bagi remaja putus sekolah terlantar di Panti Pelayanan Sosial “Wira Adhi Karya” Ungaran?. Dengan tujuan penelitian sebagai berikut: (1) Mengetahui pelaksanaan bimbingan mental spiritual bagi remaja putus sekolah terlantar di Panti Pelayanan Sosial Anak “Wira Adhi Karya” Ungaran. (2) Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat apa saja dalam pelaksanaan bimbingan mental spiritual bagi remaja putus sekolah terlantar di Panti Pelayanan Sosial “Wira Adhi Karya” Ungaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan objek penelitiannya adalah remaja putus sekolah terlantar, selain itu pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya pengolahan data dilakukan dengan tiga langkah dalam penelitian, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

dari penelitian ini sebagai berikut: (1) Bimbingan Mental Spiritual dilaksanakan pada hari senin, malam rabu, dan jum’at, kegiatannya berupa tadarus Al-Qur’an, materi Aqidah Akhlak dan Fiqih, Ceramah, dan Pembacaan Yasin dan Tahlil dengan tujuan untuk mendidik dan memberikan pemahaman agama secara mendasar kepada remaja agar tidak salah langkah dalam bergaul, dan menanamkan akhlak yang baik. Metode yang digunakan dalam bimbingan ini yaitu metode secara langsung, yaitu metode diskusi dan tanya jawab. Adapun media yang digunakan yaitu buku-buku seperti kitab Al-Qur’an, IQRA’, barzanji, Asmaul Husna, dan buku yasin tahlil serta media lainnya berupa alat rebana, pengeras suara dan papan tulis putih. (2) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan bimbingan mental spiritual yaitu (a) faktor pendukung; keteladanan, dan kesabaran seorang pembimbing dan pengasuh, kesadaran diri dari remaja putus sekolah terlantar, ketersedian sarana dan prasarana yang baik. (b) Faktor penghambat; masalah heterogenitas remaja putus sekolah terlantar, baik dari segi usia, tingkat pendidikan, dan latar keluarga yang berbeda, bimbingan yang dilaksanakan pada waktu yang tidak efektif, dan juga metode yang diberikan monoton sehingga remaja putus sekolah terlantar merasa ngantuk pada saat diberikan bimbingan dan hasilnya kurang bagus, serta kurangnya pembimbing untuk mengajar ngaji.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan mental spiritual; Remaja putus sekolah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 16 Mar 2020 08:02
Last Modified: 16 Mar 2020 08:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10952

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics