Ula, Rif'atul (2019) Penyuluhan tentang bahaya HIV/ AIDS dari ibu hamil ke anak di Gria PMTCT (Preventing Mother to Child) PKBI Kota Semarang : analisis tujuan dan fungsi bimbingan penyuluhan Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi lengkap.pdf]
Preview
Text
skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini disusun oleh Rif’atul Ula (1501016068). Skripsi ini berjudul “Penyuluhan tentang Bahaya HIV/AIDS dari Ibu hamil ke anak oleh Gria PMTCT (Preventing Mother to Child) PKBI Kota Semarang (Analisis Tujuan dan Fungsi Bimbingan Penyuluhan Islam)”, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang tahun 2019

Penyuluhan tentang bahaya HIV/AIDS dari ibu ke anak adalah upaya untuk memberikan penerangan dan informasi kepada orang lain dari semula yang tidak tahu menjadi tahu dan yang tahu menjadi lebih tahu tentang keadaan fisik, mental, sosial-kultural secara utuh, yang tidak semata-mata bebas dari penyakit atau kecatatan, dalam semua hal yang berkaitan dengan HIV/AIDS. Tujuan penyuluhan adalah untuk memberikan pemahaman kepada ibu-ibu hamil tentang bahaya HIV/AIDS dari ibu ke anak, dan agar ibu-ibu hamil dan anaknya terhindar dari penyakit HIV/AIDS.

Adapun jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pendekatan dalam penelitian ialah dengan menggunakan pendekatan study kasus.setelah data terkumpul lalu dianalisis dalam langkah-langkah sebagai berikut: mendiskripsikan data lapangan, yaitu hasil wawancara, observasi, dokumentasi, kemudian menganalisis data dengan brpijak pada kerangka teoritik. Tujuan ini bertujuan untuk menganalisis dan menggambarkan penyuluhan tentang bahaya HIV/AIDS dari ibu ke anak di Gria PMTCT yang dilakukan oleh PKBI Kota Semarang.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama pelaksanaan penyuluhan oleh PKBI Kota Semarang dirsespon dengan baik oleh ibu-ibu hamil karena menambah pemahaman ibu-iu hamil mengenai bahaya HIV/AIDS, sebagaimana penyuluhan yang dilakukan untuk memberi informasi yang benar kepada ibu-ibu hamil mengenai bahaya HIV/AIDS dari ibu ke anak. Kedua dilihat dari analisis bimbingan penyuluhan Islam, tujan serta fungsi kegiatan yang dilaksanakan sudah mendekati implementasi bimbingan dan penyuluhan Islam. Namun PKBI Kota Semarang belum menerapkan adanya bimbingan penyuluhan Islam serta seutuhnya.

Berdasarkan penelitian ini, diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi semua pihak PKBI Kota Semarang, baik para pengurus, dan relawan PKBI Kota Semarang serta pihak yang terkait.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan penyuluhan Islam; HIV/AIDS; Ibu hamil; Anak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 616 Diseases
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 19 Mar 2020 03:06
Last Modified: 22 May 2021 07:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10960

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics