Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat di Desa Jati Kulon Kecamatan Jati Kabupaten Kudus

Marzuki, Muhammad (2019) Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat di Desa Jati Kulon Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sebagaimana disebutkan dalam Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa pasal 1 ayat 12 bahwa Pemberdayaan Masyarakat Desa adalah upaya mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan, perilaku, kemampuan, kesadaran, serta memanfaatkan sumber daya melalui penetapan kebijakan, program, kegiatan, dan pendampingan yang sesuai dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat desa. Desa Jati kulon yang terletak disekitar kawasan industri seringkali tercemari oleh limbah dari pabrik baik kertas, kaca, plastik, karet, besi, baja, tembaga, alumunium dan sampah rumah tangga. Belum lagi pada waktu musim penghujan sering kali masyarakat desa tekena penyakit Demam Bredara (DB), karena tidak ada pengelolaan terkait limbah yang ada di desa Jati Kulon. Selain itu, desa Jati kulon juga sebagian besar merupakan daerah pertanian. Sebagi rumusan masalah untuk penelitian, bagaimana peran BUMDes dalam pemberdayaan masyarakat di Desa Jati Kulon Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Bagaimanakah Hasil yang dilakukan oleh BUMDes dalam pemberdayaan masyarakat di Desa Jati Kulon Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui peran BUMDes dalam pemberdayaan masyarakat di Desa Jati Kulon Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Untuk mengetahui hasil yang dilakukan BUMDes dalam pemberdayaan masyarakat di Desa Jati Kulon Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Untuk mengetahui hasil yang dilakukan BUMDes dalam pemberdayaan masyarakat di Desa Jati Kulon Kecamatan Jati Kabupaten Kudus.

Jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiologi. Penelitian ini menggunakan teori peran, Pemberdayaan Masyarakat, dan BUMDes. Sumber dan jenis data yang digunakan penelitian adalah data primer dan data sekunder. Teknik Pengumpulan Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah triangulasi data.

Hasil penelitian menunjukan bahwa BUMDes Sumber Pangan Sejati dalam meningkatkan perekonomian dan pelaksanaanya. BUMDes memiliki beberapa peran dalam pemberdayaan masyarakat seperti: Pembangunan dan pengembangan potensi dan kemampuan ekonomi masyarakat, aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat, memperkokoh perekonomian rakyat, mewujudkan dan mengembangkan perekonomian masyarakat desa, Membantu para masyarakat untuk meningkatkan penghasilan. Hasil yang dilakukan BUMDes, mengurai tingkat pengangguran masyarakat di desa Jati Kulon, membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat. sikap perilaku masyarakat yang terbentuk diarahkan pada perilaku yang sensitif terhadap nilai-nilai pembangunan dan pemberdayaan. pengurangan sampah : 8,2 % perhari. Warga desa Jati Kulon bisa menikmati keindahan-keindahan yang dimiliki desa Jati Kulon itu sendiri. Saran yang diberikan adalah membuat payung hukum, meningkatkan sumber daya finansial, sosialisasi lebih merata memahami karakteristik pesaing sehingga pemberdayaan dan peran aktif masyarakat dapat ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan ekonomi masyarakat; Badan Usaha Milik Desa (BUMDES)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 08 Apr 2020 01:26
Last Modified: 22 May 2021 03:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11017

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics