Analisis Film Dalam Mihrab Cinta Menurut Perspektif Dakwah Islam

Khafidhoh, Khafidhoh (2012) Analisis Film Dalam Mihrab Cinta Menurut Perspektif Dakwah Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of 071211047_Coverdll.pdf]
Preview
Text
071211047_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (512kB) | Preview
[thumbnail of 071211047_Bab1.pdf]
Preview
Text
071211047_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (318kB) | Preview
[thumbnail of 071211047_Bab2.pdf]
Preview
Text
071211047_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of 071211047_Bab3.pdf]
Preview
Text
071211047_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (351kB) | Preview
[thumbnail of 071211047_Bab4.pdf]
Preview
Text
071211047_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 071211047_Bab5.pdf]
Preview
Text
071211047_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 071211047_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
071211047_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (172kB) | Preview

Abstract

Film “Dalam Mihrab Cinta” adalah kajian tentang cerita visual yang diangkat dari novel karya Habiburrahman El Shirazy yang juga merangkap sebagai sutradara film ini dan diproduksi oleh Sinemart. Suatu film yang menceritakan tentang perubahan-perubahan karakter Syamsul dari yang baik- baik, sampai yang antagonis sekali, lalu kembali ke jalan yang benar karena nekad, perjuangan seorang pemuda yang tergelincir dalam masalah hidup. Bagaimana seorang yang terjatuh menjadi seorang pencuri. Namun, karena dorongan dari lingkungan yang baik, maka dirinya akan menjadi baik. Intinya kalau memang punya niat baik pasti akan ada jalannya.
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Film “Dalam Mihrab Cinta” Menurut Perspektif Dakwah Islam. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana Film “Dalam Mihrab Cinta” dari perspektif dakwah Islam.
Metodologi penelitian yang sesuai agar nantinya dapat mengungkap makna yang tersembunyi dibalik tanda-tanda yang ada dalam film. Digunakan metodologi kualitatif yang bersifat deskriptif dengan analisis semiotik. Penelitian ini menggunakan pendekatan semiotik Roland Barthes dengan melakukan pendekatan signifikansi dua tahap, yaitu tahap denotatif dan konotatif terhadap film yang diteliti. Scene yang penulis teliti adalah scene yang mengandung pesan dakwah pada film Dalam Mihrab Cinta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Film ini memiliki pesan dakwah dan keunikan tersendiri, keunikannya dari film “Dalam Mihrab Cinta” mengandung pesan dakwah, memberikan pengajaran tentang arti taubat dan banyak pesan-pesan atau pelajaran yang bermanfaat. Pesan dakwahnya antara lain: Tegakkanlah amar ma’ruf nahi munkar dimanapun kita berada. Bersungguh-sungguhlah dalam melakukan kebaikan, karena hanya orang-orang yang baiklah yang akan selamat di akhirat nanti. Jika kita pernah merasa menjadi orang yang tidak baik, maka segeralah berhenti dan bertaubatlah pada Allah. Karena dengan bertaubat hati kita akan bersih, mendapatkan kebahagian di dunia dan akhirat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Film Dalam Mihrab Cinta; Dakwah Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 19 Dec 2013 04:09
Last Modified: 08 Jun 2021 03:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1106

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics