Analisis penerapan kepatuhan syariah (sharia compliance) dalam jual beli Perumahan Firmana Residence di Argomulyo Salatiga

Nurjanah, Nursyifahtun (2019) Analisis penerapan kepatuhan syariah (sharia compliance) dalam jual beli Perumahan Firmana Residence di Argomulyo Salatiga. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of NIM1705026201.pdf]
Preview
Text
NIM1705026201.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perumahan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang berfungsi sebagai tempat tinggal atau tempat hunian serta tempat untuk beristirahat setelah melakukan aktivitas untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Salah satunya yaitu perumahan yang ada di wilayah Salatiga. Perumahan tersebut menggunakan konsep 100% syariah dengan lingkungan yang islami dan tetangga yang berkualitas.

Berdasarkan uraian latar belakang di atas, maka penulis tertarik untuk memperlajari lebih dalam mengenai analisis system jual beli dalam transaksi jual beli Perumahan Firmana Residence menurut perspektif Islam, analisis strategi pemasaran yang digunakan dalam transaksi jual beli Perumahan Firmana Residence menurut perspektif Islam, dan analisis penerapan kepatuhan syariah (sharia compliance) dalam system jual beli dan strategi pemasaran pada Perumahan Firmana Residence. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan mengambil lokasi di kantor pemasaran Perumahan Firmana Residence Salatiga. Data-data dalam penelitian ini berupa data kualitatif yang terdiri dari data primer dan sekunder. Datadata diperoleh melalui metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data-data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah penulis lakukan, maka dapat disimpulkan bahwa system jual beli yang digunakan pada perumahan Firmana Residence ini menggunakan akad istishna. Dalam system jual beli, pihak perumahan Firmana Residence ini tidak menerapkan denda terhadap konsumen yang terlambat atau tidak mampu untuk membayar angsuran, akan tetapi akan memberikan waktu untuk berdiskusi serta mengalisa masalah yang terjadi secara musyawarah untuk dicarikan solusi yang terbaik bagi kedua belah pihak. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh bagian marketing perumahan yaitu menggunakan system offline, system gathering, dan melakukan survey serentak. Selain itu bagian marketing dari pihak perumahan juga menggunakan cara lain untuk mencari konsumen yaitu menggunakan media iklan langsung dan menggunakan media sosial. Dalam strategi pemasaran, kendala yang terjadi yaitu konsumen masih banyak yang belum paham tentang perumahan dengan konsep syariah, maka solusi yang diberikan marketing kepada konsumen adalah dengan memberikan edukasi tentang pembiayaan-pembiayaan perumahan dengan konsep syariah. Selanjutnya pihak perumahan harus patuh pada Fatwa DSN MUI tentang istishna agar dalam pembangunan rumah tetap dengan kualitas bagus agar tidak mengecewakan konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan syariah; Sharia compliance; Istishna; Jual beli properti
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ujang Azwar
Date Deposited: 07 Apr 2020 02:51
Last Modified: 15 Jul 2021 14:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11115

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics