Implementasi manajemen mutu Madrasah Diniyah Putri (MADIPU) TBS Kudus

Fuad, Sirojul (2019) Implementasi manajemen mutu Madrasah Diniyah Putri (MADIPU) TBS Kudus. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of NIM150306072.pdf]
Preview
Text
NIM150306072.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Madrasah diniyah merupakan lembaga pendidikan non formal dan pada umumnya kurang memiliki kualitas yang baik, namun pada penelitian ini membahas tentang manajemen mutu yang ada pada madrasah diniyah putri (MADIPU) TBS Kudus, dengan tujuan untuk memberikan pandangan tentang manajemen mutu pendidikan non formal berupa madrasah diniyah dan impliksi dari manajemen mutu terhadap perkembangan mutu pendidikan madrasah diniyah putri (MADIPU) TBS Kudus. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dengan cara reduksi data, display data kemudian pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) manajemen mutu di madrasah diniyah putri (MADIPU) TBS meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada setiap tahapan dilakukan dengan baik hal ini sesuai dengan teori pengelolaan manajemen mutu madrasah diniyah. (2) manajemen mutu memberikan dampak terhadap perkembangan mutu pendidikan pada madrasah. Hal tersebut ditunjukkan pada beberapa hal, antara lain: madrasah memiliki visi dan misi yang jelas, kepala madrasah professional, Guru yang professional, Lingkungan madrasah yang kondusif, Ramah Siswa, madrasah memiliki manajemen yang baik, madrasah memiliki kurikulum, sistem penilaian prestasi murid yang baik, memiliki peran serta masyarakat yang baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menjelaskan bahwa manajemen mutu berpengaruh terhadap perkembangan mutu pendidikan dengan efektif dan efesien.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen madrasah; Mutu madrasah; Madrasah Diniyah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Ujang Azwar
Date Deposited: 31 Mar 2020 08:22
Last Modified: 03 Jul 2021 04:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11164

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics