Manajemen strategik dalam meningkatkan mutu sekolah di MAN 1 Tegal

Fallakh, Miftakh (2019) Manajemen strategik dalam meningkatkan mutu sekolah di MAN 1 Tegal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of NIM1503036105.pdf]
Preview
Text
NIM1503036105.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Manajemen strategik mempunyai peran penting dalam meningkatkan mutu sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana perencanaan strategik dalam meningkatkan mutu sekolah di MAN 1 Tegal, (2) Bagaimana pelaksanaan manajemen strategik dalam meningkatkan mutu sekolah di MAN 1 Tegal, (3) Bagaimana evaluasi manajemen strategik dalam meningkatkan mutu sekolah di MAN 1 Tegal.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, data yang dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dokumentasi, triangulasi, serta dianalisis denga teknik analisis deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi manajemen strategik dalam meningkatkan mutu sekolah di MAN 1 Tegal.
Pada kajian manajemen strategik dalam meningkatkan mutu sekolah di MAN 1 Tegal, menunjukkan bahwa: (1) perencanaan strategik di MAN 1 Tegal meliputi empat kegiatan yaitu merumuskan visi, misi, dan tujuan, identifikasi faktor internal dan eksternal, penentuan strategi unggul, dan perencanaan jangka pendek, menengah, dan panjang. (2) pelaksanaan manajemen strategik di MAN 1 Tegal mencakup tujuh yaitu menentukan kebijakan, memotivasi pendidik dan tenaga kependidikan, mengalokasikan sumber daya manusia, dan mengembangkan budaya sekolah. (3) Evaluasi manajemen strategik di MAN 1 Tegal meliputi tiga kegiatan yaitu memonitor seluruh hasil, mengukur kinerja madrasah, dan mengambil langkah-langkah perbaikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen strategik; Mutu sekolah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.4 Executive management
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Ujang Azwar
Date Deposited: 31 Mar 2020 07:38
Last Modified: 31 Mar 2020 07:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11168

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics