Hubungan kebiasaan sarapan dan durasi tidur dengan kegemukan pada remaja di SMP Islam Al-Azhar 29 Semarang

Badi'ah, Aniyatul (2019) Hubungan kebiasaan sarapan dan durasi tidur dengan kegemukan pada remaja di SMP Islam Al-Azhar 29 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of NIM1507026015.pdf]
Preview
Text
NIM1507026015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Prevalensi kegemukan pada remaja usia 13-15 tahun di Indonesia mengalami kenaikan, dari 10,8% pada tahun 2013 menjadi 14,6% pada tahun 2018. Kegemukan pada remaja berhubungan pada masalah kesehatan saat dewasa, seperti masalah psikososial, peningkatan resiko penyakit kardiovaskular, metabolisme glukosa abnormal, gangguan saluran cerna dan hati, sleep apnea, komplikasi masalah tulang hingga kematian. Salah satu faktor risiko dari kegemukan diantaranya kebiasaan sarapan dan durasi tidur.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara kebiasaan sarapan dan durasi tidur dengan kegemukan pada remaja di SMP Islam Al-Azhar 29 Semarang.
Metode: Studi obeservasional menggunakan desain cross sectional melibatkan 66 responden di SMP Islam Al-Azhar 29 Semarang yang dipilih dengan teknik random sampling. Data yang dikumpulkan adalah identitas responden, antropometri (tinggi badan dan berat badan), kebiasaan sarapan dan durasi tidur. Uji chi square digunakan untuk menganalisis hubungan antara kebiasaan sarapan dan durasi tidur dengan kegemukan.
Hasil: Hasil penelitain menunjukkan bahwa prevalensi kegemukan pada responden sebesar 30.0%. Sebesar 78,8% responden memiliki kebiasaan sarapan tidak baik, sebesar 68,2% responden memiliki durasi tidur tidak baik. Hasil uji chi square menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara jenis kelamin, usia dan kebiasaan sarapan dengan kegemukan. Terdapat hubungan antara durasi tidur dengan kegemukan (p= 0,012)
Simpulan: Tidak terdapat hubungan antara kebiasaan sarapan dengan kegemukan dan terdapat hubungan antara durasi tidur dengan kegemukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan sarapan; Durasi tidur; Kegemukan; Kesehatan; Remaja
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 616 Diseases
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 13211 - Gizi
Depositing User: Ujang Azwar
Date Deposited: 17 Apr 2020 07:22
Last Modified: 13 Jul 2021 05:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11192

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics