Peran manajemen keuangan dalam pengembangan dakwah Yayasan Sosial Islam Nahdlatut Thullab Desa Manggarwetan Godong Grobogan

Munir, Ahmad Misbakhul (2004) Peran manajemen keuangan dalam pengembangan dakwah Yayasan Sosial Islam Nahdlatut Thullab Desa Manggarwetan Godong Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1101201_ahmad_misbakhul_munir]
Preview
Text (skripsi_1101201_ahmad_misbakhul_munir)
1101201_AHMAD_MISBAKHUL_MUNIR.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peran Manajemen Keuangan Dalam Pengembangan Dakwah Yayasan Sosial Islam Nahdlatut Thullab Desa Manggarwetan Godong Grobogan”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen keuangan sebuah lembaga dakwah dan untuk mengetahui peran manajemen keuangan Yayasan Sosial Islam Nahdlatut Thullab dalam pengembangan dakwahnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif sebagai teknik analisis data dan menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif yang tidak menggunakan perhitungan, sehingga akan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah manajemen.
Hasil dari penelitian ini adalah Yayasan Sosial Islam Nahdlatut Thullab dalam pengelolaan keuangaan senantiasa melibatkan masyarakat. Hal ini dilakukan untuk menjaga kepercayaan masyarakat, sehingga proses pengumpulan dana akan semakin mudah dan lancar. Dalam proses pengelolaan dana, yayasan memberikan kewenangan kepada pengurus bidang untuk mengelola dananya sendiri, sedangkan tugas yayasan adalah mengontrol dan mengawasi apabila terjadi kesalahan. Sedangkan dalam pengumpulan dana, yayasan melalui pengurus dan ketua RT atas persetujuan pemerintah desa langsung mendatangi rumah warga masyarakat setiap musim panen. Dalam pengembangan dakwah, yayasan memiliki beberapa program, salah satunya adalah mengenalkan yayasan melalui dunia internet. Hal ini dilakukan untuk menjaring lebih banyak donator, sehingga yayasan tidak hanya memperoleh dana dari masyarakat sekitar. Pengelolaan keuangan yang baik adalah penting dalam usaha pengembangan dakwah yayasan. Hal ini dapat dilihat dari program pengembangan dakwah tersebut, yang kesemuanya membutuhkan pendanaan dan pengelolaan. Semakin baik pengelolaan yang dilakukan akan semakin cepat pula proses pencapaian pengembangan dakwah yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan dakwah; Manajemen keuangan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 23 Jun 2020 03:37
Last Modified: 19 Feb 2022 02:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11262

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics