Pendidikan Islam menatap era industrialisasi : kajian filosofis

Muslih, Muslih (2012) Pendidikan Islam menatap era industrialisasi : kajian filosofis. In: Seminar Nasional Pendidikan Islam di Indonesia Menatap Era Industrialisasi, 4 April 2012, Semarang. (Unpublished)

[thumbnail of SemNas-(Pend.Islam menatap era Industrialisasi).pdf]
Preview
Text
SemNas-(Pend.Islam menatap era Industrialisasi).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Islam secara garis besar bisa dipahami sebagai upaya pembimbingan baik berupa jasmani maupun rohani yang diberikan kepada anak berdasarkan hukum agama Islam menuju kepada terbentuknya kepribadian utama menurut ukuran Islam mencapai kesempumaan insani di dunia dan akhirat. Proses industrialisasi yang telah dan sedang teradi ini merupakan suatu keniscayaan sejarah dan sebuah realitas yang tidak dapat dielakkan. Suka atau tidak suka, era industrialisasi sudah hadir dan kita tidak punya pilihan kecuali ikut 'bermain" di dalamnya. Dalam menatap era indushialiasai, Pendidikan Islam harus menyikapinya dengan optimisme tinggi. Seluruh pelaku dan pengemban Pendidikan Islam, baik itu para pemikir, intelektual, perancang maupun praktisi pendidikan di lapangan harus berfikir antisipatif. Mereka harus memperbaharui cara pandangnya dalam melihat dan menyikapi persoalan-persoalan yang muncul dalam era induslrilasiasi. Para pengemban Pendidikan Islam harus selalu bersinergi dengan para pengemban industri untuk meminimalisir dampak negatif industrialisasi. Selain itu, para pengemban Pendidilan Islam juga harus memfungsikan segala aspek yang terkait dengan industri secara maksimal sesuai dengan nilai-dlai agama dan budaya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam; Era industrialisasi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Prosiding/Conference paper
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 24 Jun 2020 03:34
Last Modified: 24 Jun 2020 03:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11272

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics