Manajemen dakwah pesantren : analisis terhadap pengembangan kualitas kader dakwah Islam di Pondok Pesantren Sirojuth Tholibin Desa Brabo Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan tahun 2008

Huda, Roisul (2008) Manajemen dakwah pesantren : analisis terhadap pengembangan kualitas kader dakwah Islam di Pondok Pesantren Sirojuth Tholibin Desa Brabo Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan tahun 2008. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1103024_roisul_huda]
Preview
Text (skripsi_1103024_roisul_huda)
1103024_ROISUL_HUDA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (702kB) | Preview

Abstract

Di tengah perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih saat ini para kader Dakwah perlu mendapatkan pembinaan, bimbingan dan penyuluhan lewat pendidikan Pondok Pesantren yang di bina seorang kyai dan para ustadz-ustadzah, terutama menyangkut perilaku-perilkau kognitif, psikomotorik dalam proses belajar mengajar.
Jalan dakwah amatlah panjang dan tak terkira kesulitan yang ada padanya. Sebab itu, para kader dakwah yang akan melintas jalan ini hendaklah melakukan beberapa persiapan secara profesional. Gejala ini menunjukkan, ada orang yang melewati jalan ini mengalami kelelahan, kejenuhan, kebosanan, sampai ia menepi dan berhenti, ada juga yang tersesat dan tak menemukan arah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang Manajemen Dakwah Pesantren Dalam Pengembangan Kualitas Kader Dakwah Islam di Pondok Pesantren Sirojuth Tholibin Brabo Tanggungharjo Grobogan. Serta faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan kualitas kader dakwah di Pondok Pesantren tersebut.
Penulisan ini merupakan Kualitatif Deskriptif dengan setting di ponpes Sirojuth Tholibin yang bertempat di Brabo Tanggungharjo Grobogan. Sumber data penelitian ini adalah pembina sekaligus pengasuh Pondok Pesantren, pengurus Pondok Pesantren, dan santri Pondok Pesantren Sirojuth Tholobin serta dokumen-dokumen Pondok Pesantren Sirojuth Tholibin. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Dan penganalisaan data dengan Reduksi, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen Dakwah Pesantren dalam pengembangan kualitas kader dakwah Islam di Pondok Pesantren Sirojuth Tholibin antar lain : Pembinaan langsung dari pengasuh dan para ustadz-ustadzah secara intensif dalam pengembangan kualitas kader/santri, pelaksanaan praktek khidmad mengajar, pelaksanaan kediatan Bahtsul Masail, musyawarah kajian kitab, khitobah, pengiriman para santri ke musholla atau masjid sekitar serta pengiriman santri di Ittihatul Muballighin untuk pembinaan sebagai kader. Adapun faktor yang mendukung pengembangan kualitas kader dakwah di Pondok Pesantren Sirojuth Tholibin antara lain : Kedisiplinan ustadz-ustadzah pada waktu pelaksanaan pembinaan, adanya ruang aula untuk diskusi, musyawarah dan perpustakaan, terdapatnya Panca Jiwa Pondok Pesantren Sirojuth Tholibin yang mendarah daging pada diri ustadz-ustadzah. Sedangkan faktor yang menghambat pada pengembangan kualitas kader dakwah di Ponpes. Sirojuth Tholibin adalah adanya jadwal dari ustadz-ustadzah yang berbenturan dengan pembinaan santri, adanya kesibukan ustadz-ustadzah mendekati ujian akhir dan masuk ajaran tahun baru, santri yang belum selesai mondok sudah boyong, dan menikah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen dakwah; Pesantren; Kader dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 25 Jun 2020 04:17
Last Modified: 20 May 2021 04:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11296

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics