Masfiah, Masfiah (2007) Pengaruh bimbingan keagamaan terhadap kesehatan jiwa penderita penyakit kanker di rumah sakit kanker Dharmais Jakarta. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1101047_Masfiah.pdf]
Preview
Text
1101047_Masfiah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan keagamaan bagi penderita penyakit kanker di Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta; 2) mengetahui pengaruh bimbingan keagamaan terhadap kesehatan mental penderita kanker di Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitaif, yaitu suatu penelitian yang lebih menekankan analisisnya pada data-data numerikal (angka) yang diolah dengan metode statistika. Dalam penelitian ini subjeknya ada 220 pasien. Dalam penelitian ini peneliti mengambil 20 % dari jumlah pasien, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah 55 pasien, kemudian data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan rumus regresi satu prediktor dengan langkah-langkah: mencari korelasi antara kriterium dengan prediktor, menguji signifikansi, mencari persamaan garis regresi dan mencari anova (analisis varians garis regresi).
Hasil penelitian ini menunjukkan, nilai rata-rata bimbingan keagamaan di Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta sebesar 87,155 yang terletak pada interval 84,8 – 88,1, sedangkan dari hasil perhitungan mean variabel Kesehatan jiwa penderita penyakit kanker diketahui, bahwa rata-ratanya sebesar 142,3. Hal ini berarti bahwa kesehatan jiwa penderita penyakit kanker di Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta termasuk dalam kategori “cukup”, yaitu terletak pada interval 137 – 142.
Dari analisis uji hipotesis melalui rumus regresi satu prediktor diketahui, bahwa ada pengaruh yang signifikan antara bimbingan keagamaan yang dilaksanakan di Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta terhadap kesehatan jiwa penderita penyakit kanker. Hal ini ditunjukkan dari nilai koefisien korelasi dengan menggunakan rumus product moment dari Pearson sebesar 0,712. Kemudian dikonsultasikan dengan harga rt (tabel) pada taraf signifikansi 5% dan 1% dengan ketentuan jika rxy > rt baik pada taraf signifikansi 5 % dan 1%, maka signifikan dan hipotesis diterima. Sebaliknya, jika rxy < rt baik pada taraf signifikansi 5 % dan 1%, maka non signifikan dan hipotesis ditolak. Karena, rxy > rt, maka hasilnya signifikan. Hal itu juga dibuktikan dengan persamaan garis regresi diketahui bahwa harga a adalah 1,182 dan K (Konstant) adalah 39,283. Dengan demikian persamaan garis linear regresinya adalah Ŷ=1,182x+39,283.
Dari hasil analisis uji nilai Freg (anova) diketahui, bahwa nilainya sebesar 54,579, sedangkan pada Ft pada taraf 5 % sebesar 4,08 dan 1 % sebesar 7,31. Karena Freg hasil lebih besar dari Ft baik pada taraf signifikansi 5 % dan taraf signifikansi 1 % atau Freg > Ft, maka maka hasilnya juga menunjukkan signifikan. Atas dasar inilah, maka hipotesis yang diajukan diterima. Dengan demikian, semakin baik bimbingan keagamaan di Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta, maka semakin tinggi kesehatan jiwa penderita penyakit kanker di Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta. Namun demikian sebaliknya, semakin rendah bimbingan keagamaan di Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta, maka semakin rendah kesehatan jiwa penderita penyakit kanker di Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta.
Berdasarkan hasil penelitian di atas diharapkan dapat menjadi sumbangan bagi khazanah ilmu pengetahuan dan bahan informasi serta masukan bagi civitas akademika dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Dakwah IAIN Walisongo Semarang serta Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kanker; Dharmais; Kesehatan Jiwa; Pendampingan; Bimbingan Rohani
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 616 Diseases
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 29 Jun 2020 02:23
Last Modified: 27 Jul 2021 02:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11324

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics