Revitalisasi pendidikan sufistik dan aplikasinya dalam pendidikan di masyarakat: studi kasus pada Jama’ah Munajat Perum Pasadena Semarang

Kristiono, Yuli Sari Moelyo Soedi (2009) Revitalisasi pendidikan sufistik dan aplikasinya dalam pendidikan di masyarakat: studi kasus pada Jama’ah Munajat Perum Pasadena Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_3102063_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_3102063_Skripsi_Lengkap)
3102063_Skripsi_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Revitalisasi pendidikan sufistik dalam meningkatkan kecerdasan spiritual masyarakat di PERUM Pasadena Semarang; 2) Aplikasinya dalam pendidikan spiritual dimasyarakat.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang didasarkan pada riset lapangan (field reseach). Artinya, mengumpulkan data yang diinginkan dan relevan dengan penelitian yang dikaji, kemudioan diolah dan dianalisis.
Dari hasil penelitian yang dilakukan, proses belajar mengajar yang dilaksanakan menitik beratkan pada proses meningkatkan kecerdasan spiritual masyarakat atau jamaah. Dalam mengupayakan peningkatan kecerdasan spiritual jamaah, KH. Muhammad Tauhid melakukan inovasi dan mengaktualisasikan secara serimonial dan memberikan keterangan-keterangan hal-hal yang berkenaan dengan ajaran-ajaran tarekat Qadiriyah wa Naqsabandiyah, sehingga apa yang menjadi tujuan dapat direalisasikan sebagai upaya meningkatkan kecerdasan spiritual jamaah. Aspek-aspek terpenting yang dilakukan adalah aspek aqidah, prakrek keagamaan (ibadah), pengalaman keagamaan dan budi pekerti. Aspek-aspek tersebut diwujudkan dengan mujahadah, tawajuhan, dan ceramah keagamaan (pengajian tiap malam minggu dirumah beliau). Dari situ, semua unsur yang ada di masyarakat saling bekerjasama. Sehingga, perilaku keagamaan dan budi pekerti menjadi lebih baik dan meningkat yang diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari.
Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi semua pihak khususnya yang concern dalam studi Islam (pendidikan masyarakat, psikologi dan tasawuf).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; Sufistik; Pendidikan Agama
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 204 Religious experiences, life, practice
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism > 297.45 Sufi ethics
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Affa Ardhi Saputri
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:03
Last Modified: 02 Jul 2020 07:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11337

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics