Pendidikan Humanis (Studi Pembelajaran PAI Di SMP Alternatif Qaryah Thayyibah Salatiga)

Setyarini, Lya (2009) Pendidikan Humanis (Studi Pembelajaran PAI Di SMP Alternatif Qaryah Thayyibah Salatiga). Undergraduate (S1) thesis, IAIN WALISONGO.

[thumbnail of NIM_3103131_skripsi_lengkap]
Preview
Text (NIM_3103131_skripsi_lengkap)
3103131_fullpdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui model Pendidikan Humanis pada Pembelajaran PAI di SMP Alternatif Qaryah Thayyibah Salatiga

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif (descriptive research) dengan tehnik studi kasus (case study) dan menggunakan pendekatan kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pendidikan yang ada di SMP Alternatif Qaryah Thayyibah mampu menciptakan masyarakat yang berpotensi dalam pengembangan pendidikan yang humanis. SMP alternatif ini merupakan salah satu sekolah yang bertujuan membentuk siswa didik yang berjiwa ilmu pengetahuan, teknologi dan iman serta takwa. Dalam artian sesosok manusia yang integral antara jasmani dan rohani akan terwujud sehingga akan terbentuk generasi yang intelek sekaligus bermoral.

Model pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Alternatif Qaryah Thayyibah dilaksanakan dalam bentuk pembiasaan keseharian para siswa. Dan adapun metode-metode yang digunakan adalah yang jarang di pakai di sekolah formal lainnya. Adapun metode yang di gunakan adalah metode tanya jawab, diskusi, bandongan, demonstrasi, pembiasaan. Dan kurikulum yang dirancang dan dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan relevansinya terhadap masyarakat. Sistem pendidikan yang humanis disini ditekankan pada kebebasan yang tidak terdapat pengekangan. Hal ini dapat di lihat dari proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dan siswa dengan cara duduk lesehan, bahwa siswa duduk di kursi dan guru di lantai, dan itu menjadi hal yang wajar. Mereka tidak membedakan posisi, antara guru dan siswa adalah teman belajar.

Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukan bagi para civitas akademika, mahasiswa, tenaga pengajar maupun peneliti lainnya, yang akan mengadakan penelitian berikutnya, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: PENDIDIKAN HUMANIS;PEMBELAJARAN PAI
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 260 Christian social theology > 268 Religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Chusnul Adib Achmad
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:04
Last Modified: 02 Jul 2020 07:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11345

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics