Implementasi pendidikan akhlak pada anak prasekolah di RA Al-Hikmah Tembalang Semarang

Sholihah, Ulfa (2009) Implementasi pendidikan akhlak pada anak prasekolah di RA Al-Hikmah Tembalang Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_3104058_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_3104058_Skripsi_Lengkap)
3104055_Skripsi_Lengkap.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ulfa Sholihah (NIM. 3104058). Implementasi Pendidikan Akhlak Pada Anak Prasekolah di RA Al-Hikmah Tembalang Semarang. Skripsi. Semarang: Program Strata 1 Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Walisongo, 2009.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan akhlak pada anak prasekolah di RA Al-Hikmah Tembalang Semarang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan ini memandang kenyataan sebagai sesuatu yang berdimensi jamak, utuh atau merupakan kesatuan. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Metode deskriptif dimaksudkan bahwa peneliti menjelaskan kondisi riil pendidikan akhlak anak usia prasekolah yang dilaksanakan di RA Al-Hikmah Tembalang Semarang. Sedangkan analisis kualitatif digunakan pada saat meneliti pelaksanaan pendidikan akhlak pada anak prasekolah di RA Al-Hikmah Tembalang Semarang.
Sebagai hasil penelitian ini pendidikan akhlak pada anak prasekolah sangat penting dan pelaksanaannya bukan suatu hal yang mudah, karena dalam membina anak kecil harus dengan pendekatan-pendekatan khusus. Dari situlah maka seorang guru dituntut untuk mampu mengarahkan serta mendidik anak agar memiliki akhlak atau budi pekerti luhur. Selain itu juga guru memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar dalam membina akhlak mereka.
Pelaksanaan pendidikan akhlak di RA Al-Hikmah Tembalang Semarang sudah dilaksanakan sesuai dengan kurikulum yang ada dan menggunakan metode-metode yang tepat untuk pendidikan akhlak seperti metode pembiasaan, keteladanan, cerita, nasihat, pemberian hadiah dan hukuman dan metode lagu. Melalui usaha-usaha tersebut pendidikan akhlak di RA Al-Hikmah sudah berjalan baik terbukti dari akhlak atau budi pekerti yang ditunjukkan para siswa baik kepada guru dan teman-teman mereka, kemampuan anak menghafal surat pendek dan doa-doa harian. Meskipun belum semua menunjukkan hal tersebut tetapi sebagian besar sudah dapat berakhlak baik sesuai dengan harapan yang ingin dicapai.
Selanjutnya penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi kognitif bagi lembaga pendidikan khususnya pada RA sehingga dapat meningkatkan proses belajar mengajar pendidikan akhlak sebagai fondasi dalam mewujudkan generasi muslim yang berakhlakul karimah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam; Akhlak; Pra Sekolah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Muhammad
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:07
Last Modified: 02 Jul 2020 07:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11404

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics