Implementasi pendidikan kesehatan reproduksi di Pondok Pesantren Miftahussa’adah Mijen Semarang: studi kasus upaya mencegah penyimpangan reproduksi

Khasib, Faisal (2009) Implementasi pendidikan kesehatan reproduksi di Pondok Pesantren Miftahussa’adah Mijen Semarang: studi kasus upaya mencegah penyimpangan reproduksi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_3102235_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_3102235_Skripsi_Lengkap)
3102235_Skripsi_Lengkap.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan pendidikan kesehatan reproduksi di pondok pesantren Miftahussa’adah Mijen Semarang; (2) implementasi pendidikan kesehatan reproduksi sebagai upaya mencegah penyimpangan reproduksi di pondok pesantren Miftahussa’adah Mijen Semarang.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Pendekatan ini didasari atas pandangan dan asumsi bahwa pengalaman manusia diperoleh melalui hasil interpretasi obyek, orang-orang, situasi, dan peristiwa-peristiwa. Peneliti menggunakan metode deskriptif analisis non statistik, dimana setelah diperoleh data dari berbagai sumber yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian data tersebut dikumpulkan lalu disusun, dijelaskan dan selanjutnya dianalisis.
Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan maka dapat ditemukan bahwa pelaksanaan pendidikan kesehatan reproduksi dilakukan oleh Lembaga Informasi dan Konsultasi Islam Miftahussa’adah (eLIKIS MIFSA). Lembaga ini didirikan sebagai respon terhadap perkembangan zaman yang kian hari semakin banyak permasalahan yang ditimbulkan khususnya terhadap remaja, tidak terkecuali santri, di antaranya masalah reproduksi, narkoba, HIV/ AIDS, dan lain-lain. Dan hal ini memerlukan suatu solusi sebagai upaya untuk menanggulangi masalah tersebut. Salah satunya dengan memberikan pendidikan kesehatan reproduksi pada para santri. Implementasi pendidikan kesehatan reproduksi di pondok pesantren Miftahussa’adah Mijen Semarang dapat terlaksana dengan baik, hal ini karena adanya keterkaitan antara komponen-komponen pengajaran yang terlihat pada waktu proses belajar mengajar tersebut berlangsung. Adapun komponen-komponen tersebut adalah tujuan, materi, metode, media dan evaluasi pendidikan. Walaupun sudah berjalan dengan baik, tetapi masih ada beberapa kendala dalam pelaksanaan pendidikan kesehatan reproduksi di pondok pesantren Miftahussa’adah, di antaranya keterbatasan alokasi waktu, terbatasnya sarana dan prasarana yang mendukung pelaksanaan pendidikan kesehatan reproduksi, terbatasnya pemahaman para ustadz mengenai kesehatan reproduksi dan masih adanya sikap yang menganggap tabu untuk mempelajari persoalan reproduksi (seks) sebagian ustadz dan santri. Pendidikan kesehatan reproduksi oleh Lembaga Informasi dan Konsultasi Islam (eLIKIS) merupakan suatu upaya mencegah penyimpangan reproduksi bagi para santri pondok pesantren Miftahussa’adah Mijen Semarang.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan bagi khazanah ilmu pengetahuan dan bahan informasi serta masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, pra peneliti dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Reproduksi; Kesehatan Reproduksi; Pendidikan Pesantren; Penyimpangan Reproduksi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Pendidikan khusus (spt.: pendidikan tuna netra)
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Affa Ardhi Saputri
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:08
Last Modified: 02 Jul 2020 07:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11411

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics