Implementasi pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT) dalam pengembangan kreativitas anak : studi pada anak usia dini di Al Muna Islamic Preschool Semarang

Sangadah, Naelis (2009) Implementasi pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT) dalam pengembangan kreativitas anak : studi pada anak usia dini di Al Muna Islamic Preschool Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of NIM3103175_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM3103175_Skripsi_Lengkap)
3103175_fullpdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berusaha untuk mengetahui implementasi pendekatan beyond centers and circle time (BCCT) dalam pengembangan kreativitas anak di Al Muna Islamic Preschool Semarang. Teknik pengumpulan data di peroleh dengan menggunakan: 1). Observasi yaitu untuk mengetahui proses pelaksanaan pendekatan beyond centers and circle time (BCCT) dalam pengembangan kreativitas anak di Al Muna Islamic Preschool Semarang. 2). Interview yaitu untuk mengetahui tentang berbagai informasi yang berhubungan dengan pelaksanaan pendekatan beyond centers and circle time (BCCT) dalam pengembangan kreativitas anak di Al Muna Islamic Preschool Semarang, serta mengetahui faktor-faktor pendorong dan penghambat diterapkannya pendekatan beyond centers and circle time (BCCT) dalam pengembangan kreativitas anak. 3). Dokumentasi yaitu untuk memperoleh data berhubungan dengan penerapan pendekatan beyond centers and circle time (BCCT) dalam pengembangan kreativitas anak seperti rencana pembelajaran, jadwal pembelajaran, dokumen kegiatan dan lain-lain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan beyond centers and circle time (BCCT) dalam pengembangan kreativitas anak di Al Muna Islamic Preschool Semarang terwujud dalam proses pembelajaran di sentra-sentra main yang di laksanakan dalam empat jenis pijakan yaitu pijakan lingkungan, pijakan sebelum main, pijakan saat main, dan pijakan setelah main.
Pada prakteknya pengembangan kreativitas melalui pendekatan beyond centers and circle time (BCCT) sudah hampir mendekati teori yang ada. Hal ini dibuktikan dengan adanya semangat anak-anak ketika mengikuti kegiatan di sentra-sentra main dan munculnya ide-ide baru yang terlihat ketika anak mengikuti kegiatan yang berlangsung. Sehingga anak bisa mengembangkan kemampuan yang mereka miliki. Dengan menghasilkan hasil karya sesuai dengan ide-ide baru yang muncul pada anak. Selain guru sebagai motivator dan fasilitator guru juga memberi dukungan kepada anak ketika mengikuti kegiatan. Sehingga anak merasa nyaman serta tidak takut melakukan kesalahan. Untuk evaluasi yang di lakukan bersifat individual yang mencakup aspek perkembangan pada anak usia dini. Yaitu mencakup aspek perkembangan moral dan agama, perkembangan sosial emosional, perkembangan kognitif, perkembangan seni, perkembangan bahasa, perkembangan fisik motorik dan perkembangan tahapan. Dengan evaluasi yang di lakukan setiap hari membuat guru mudah mengikuti perkembangan yang terjadi pada anak.
Berdasarkan hasil penelitian ini di harapkan akan menjadi bahan informasi dan bahan masukan bagi Mahasiswa, tenaga pendidik, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan terutama di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Beyond Centers and Circle Time (BCCT); Kreatifitas; Pendidikan Islam anak usia dini
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Chusnul Adib Achmad
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:36
Last Modified: 28 Jul 2021 05:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11443

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics