Konsep kebijaksanaan dalam perspektif Mahatma Gandhi

Rochmad, Nur (2009) Konsep kebijaksanaan dalam perspektif Mahatma Gandhi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_4103066_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_4103066_Skripsi_Lengkap)
4103066_Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sebuah sistem filsafat kuno yang telah berkembang di belahan bumi timur sejak tahun 2000 SM, telah mengajarkan mengenai prinsip keselarasan hidup dan peningkatan kesadaran diri akan Tuhan yang telah lama terkubur karena fanatisme golongan, suku, dan keturunan, yang dikemudian hari coba di gali kembali oleh seorang pemikir India, yaitu Mahatma Gandhi. Tidak hanya sekedar menggali warisan ajaran tersebut. Gandhi juga berusaha membersihkan ajaran tersebut dari noda-noda fanatisme golongan, kesukuan dan keturunan. Selain itu, Gandhi berusaha membawa ajaran tersebut melalui sudut pandang yang berbeda, disesuaikan dengan konteks dimasanya hidup tetapi tetap berpegang pada prinsip ajaran tersebut dan berusaha memasukkan prinsip-prinsip ajaran tersebut dalam berbagai bidang kehidupan.

Adapun hasil akhir dari perenungan atas ajaran tersebut, Gandhi sampai pada kesimpulan akhir bahwa manusia harus hidup berdasarkan pada kebenaran Tuhan dengan tidak meninggalkan aspek-aspek logis.

Peran dari penulisan ini adalah, mencoba untuk memberikan suatu penjelasan mengenai ajaran filsafat awal India, yang kemudian ajaran tersebut diformulasikan kembali oleh Gandhi menjadi prinsip ajaran kebijaksanaan. Tentunya penjelasan ini tidak sejelas dengan penjelasan aslinya, namun paling tidak penulisan ini sebagai suatu upaya untuk membumikan ajaran tersebut, dan ini sangat dimungkinkan mengingat ajaran ini tidak tersekat oleh perbedaan agama, sosial, budaya, ekonomi dan politik.

Maka dari itu semoga hasil penelitian ini bisa menjadi referensi bagi manusia untuk meningkatkan kesadaran diri akan Tuhan dan menciptakan dunia yang lebih serasi, selaras dan aman.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Filosofi; Mahatma Gandhi; Ajaran
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 101 Theory of philosophy
100 Philosophy and psychology > 108 Kinds of persons in philosophy
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Ahlis Ahwan
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:37
Last Modified: 02 Jul 2020 07:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11452

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics