Manajemen kurikulum tingkat satuan pendidikan (ktsp) di MTS N 1 Semarang

Riadi, Barir (2009) Manajemen kurikulum tingkat satuan pendidikan (ktsp) di MTS N 1 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_3102331_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_3102331_Skripsi_Lengkap)
3102331_Skripsi_Lengkap.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan dari pembaharuan kurikulum di sekolah sangat tergantung pada kerjasama dari tim dalam merumuskan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang nantinya akan diterapkan di sekolah masing-masing. Bukan berarti mengesampingkan faktor yang lain, tetapi dengan ketepatan kurikulum yang dibuat dan dikompakkan dari tim tersebut untuk melaksanakan keputusan mereka, maka mereka akan mendapatkan
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di MTs N 01 Semarang, (2) mengetahui problematika pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di MTs N 01 Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian berupa teknik analisis deskriptif, yaitu analisis data yang diwujudkan bukan dalam bentuk angka melainkan dalam bentuk laporan dan uraian deskriptif dengan cara berpikir induktif. Selain itu, untuk mengetahui keabsahan data, penulis menggunakan teknik triangulasi, yaitu metode pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain di luar data itu untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding data itu.
Dari hasil penelitian dapat diketahui dua hal sebagai berikut. Pertama, Pelaksanaan KTSP di MTs N 1 Semarang sudah baik. Hal ini ditunjukkan dengan tiga hal; (1) Perencanaan proses pembelajaran yang meliputi pengembangan silabus dan perencanaan pembelajaran dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) Pelaksanaan proses pembelajaran, dimana metode pembelajaran yang digunakan cukup bervariasi, yakni ceramah, diskusi, tanya jawab dan latihan (drill). Yang kurang menurut penulis adalah kurang bervariasinya penggunaan sumber belajar. Karena di sana sumber belajar yang digunakan hanya sumber belajar yang berupa media cetak yakni berupa buku, (3) Penilaian hasil pembelajaran. Dalam perencanaannya, penentuan jenis penilaian yang dilakukan guru di MTs N 1 Semarang yaitu mengunakan silabus dan dalam silabus ini sudah sangat baik karena mencantumkan jenis tagihan, bentuk instrumen, dan contoh instrumen. Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes dan non tes dalam bentuk tertulis maupun lisan, pengamatan kinerja dan sikap.
Kedua, Pelaksanaan KTSP di MTs N 1 Semarang mengalami beberapa problematika, yakni; (1) Problematika yang dihadapi sekolah, meliputi, dengan adanya prubahan kurikulum yang selalu berubah maka menambah beban guru dan guru kurang begitu faham seluk-beluk KTSP, terbatasnya sarana dan prasarana pendukung dalam penerapan KTSP, adanya sikap yang cenderung acuh tak acuh dari siswa tentang metode atau yang digunakan guru, tidak adanya biaya khusus dari pemerintah untuk pembekalan guru mengikuti pelatihan dan workshop tentang apa itu KTSP, dan adanya kecenderungan orang tua siswa yang menyerahkan sepenuhnya pendidikan anak-anaknya pada sekolah. (2) Problematika yang dihadapi siswa, meliputi Kurangnya pemahaman siswa tentang skenario pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan KTSP, sehingga siswa kesulitan untuk mengikuti alur pembelajaran yang diinginkan guru, kurangnya respon siswa terhadap KTSP dan adanya perbedaan kemampuan berpikir pada siswa sehingga cukup menyulitkan guru melaksanakan KTSP. Problematika-problematika ini disebabkan oleh beberapa faktor, yakni; kurangnya sosialisasi tentang KTSP dari pemerintah, minimnya pemahaman sekolah (kepala sekolah, guru dan siswa) tentang KTSP dan Minimnya biaya dan sarana prasarana untuk pelaksanaan KTSP.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan dan khazanah ilmu pengetahuan dan bahan informasi serta masukan bagi civitas akademika dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Manajemen Kurikulum; KTSP; Kurikulum SMP; Kurikulum MTs
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Affa Ardhi Saputri
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:37
Last Modified: 02 Jul 2020 07:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11458

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics