Upaya peningkatan kompetensi profesional guru TPQ As-sa’idiyyah Tridonorejo Bonang Demak

Ni’mah, Durrotun (2009) Upaya peningkatan kompetensi profesional guru TPQ As-sa’idiyyah Tridonorejo Bonang Demak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_3104111]
Preview
Text (NIM_3104111)
3104111_Skripsi_Lengkap.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kompetensi guru TPQ As-Sa’idiyyah Tridonorejo Bonang Demak, yakni kompetensi prpfesionalnya. (2) Mengetahui upaya peningkatan kompetensi profesional guru TPQ As-Sa’diyyah Tridonorejo Bonang Demak.
Data-data penelitian ini dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara serta dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan mengunakan metode analisis deskriptif kualitatif yakni mendeskripsikan data yang dikumpulkan berupa kata-kata, ganbar dan bukan angka.
Kesimpulan/temuan penelitian ini meliputi: (1) Kompetensi profesional guru TPQ As-Sa’idiyyah Tridonorejo Bonang Demak merupakan penguasaan materi secara menyeluruh dan mendalam, sehingga mampu membimbing peserta didik. Komponen komptensi profesional guru TPQ As-Sa’idiyyah adalah: Penguasaan materi meliputi materi pokok, yakni Qiraati jilid 1 sampai dengan jilid 6, juz 27, Al-Qur’an dan ghorib, sedangkan materi tambahan adalah Doa-doa Harian, Surat-surat Pendek, Tauhid, Fiqih, Bahasa Arab, Akhlak dan Sejarah Nabi. Mamahami dan menguasai tujuan dan target pembelajaran TPQ meliputi: Anak dapat membaca Al-Qur’an dengan tartil dan menguasai ilmu tajwid, mengerti shalat, bacaan dan praktisnya, Hafal surat-surat pendek, hafal doa-doa harian, mampu menulis Arab dengan baik dan benar, memiliki dasar-dasar aqidah yang benar dan akhlakul karimah, mengenal bahasa Arab, dan mengetahui sejarah Islam. Mengembangkan materi pembelajaran secara kreatif ini berarti guru mampu memilih dan mengolah pelajaran secara integratif dan kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik, termasuk di dalamnya pemilihan metode. (2) Untuk meningkatkan mutu pembelajaran di TPQ dan mutu pndidikan agama salah satunya dengan meningkatkan kompetensi professional guru TPQ itu sendiri, adapun upaya yang telah dilakukan pihak TPQ As-Sa’idiyyah untuk meningkatkan kompetensi professional guru TPQ adalah : mengikuti LPDQ (lembaga pendidikan dasar Qiraati), mengikuti tashih, mengikuti penatarn metodologi dan manajemen, mengikuti MMQ (Majlis Mu’alimil Qur’an) baik tingkat Korcab (Koordinator Cabang/Kabupaten), Korcam (Koordinator Kecamatan) dan tingkat Unit secara rutin, pelatihan menulis Arab dan praktek mengajar. Dalam upaya peningkatan kompetensi professional guru TPQ ini ada faktor pendukung maupun penghambat serta tidak lepas dari beberapa pihak yang ikut mendukung dan membantu seperti, orang tua/wali santri, masyarakat, pemerintah desa, Koordinator Pusat Qiraati dan pihak lain yang terkait.
Kemudian dari kajian dan temuan tersebut kiranya dapat dijadikan sebagai acuan untuk meningkatkan mutu atau kompetensi guru TPQ terutama dalam penguasan materi dan mengolah pembelajaran secara baik dan efektif sehingga tercipta pendidikan agama yang bermutu.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan informasi dan masukan bagi guru dan orang tua/wali santri di TPQ As-Sa’idiyyah Desa Tridonorejo Kecamatan Bonang Kabupaten Demak, para pecinta ilmu, masyarakat dan mahasiswa khususnya yang berada di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional; Kompetensi Guru; Guru TPQ
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Affa Ardhi Saputri
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:38
Last Modified: 02 Jul 2020 07:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11483

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics