Tinjauan etika bisnis Islam terhadap bahasa iklan : studi kasus iklan produk jamu Tolak Angin dan Bintangin

Istiqomah, Istiqomah (2009) Tinjauan etika bisnis Islam terhadap bahasa iklan : studi kasus iklan produk jamu Tolak Angin dan Bintangin. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of NIM_2104148_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_2104148_Skripsi_Lengkap)
2104148_SKRIPSI Lengkap.PDF - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bahasa adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada komunikan. Dunia bisnis juga demikian terlebih dalam sarana pemasaran yang terwujud dalam iklan. Komunikator adalah perusahaan, sedangkan komunikan adalah khalayak konsumen. Bahasa dalam iklan menjadi cermin suatu produk atau bisa dikatan bahasa iklan dapat mewakili citra suatu perusahaan. Setiap perusahaan berlomba-lomba menampilkan image produk salah satunya melalui iklan. Tujuannya adalah menarik simpati khalayak konsumen. Tak jarang banyak iklan di berbagai media yang ditemui melanggar etika bisnis secara umum bahkan etika bisnis Islam. Padahal sebagian besar produk dari perusahaan tersebut, konsumen terbanyak adalah umat Islam. Terlebih saat ini banyak perusahaan memproduksi barang ataupun jasa yang sama sehingga persaingan semakin ketat tetapi mengesampingkan sisi etika.
Hal inilah yang melatar belakangi dilakukan penelitian tentang bahasa iklan yang ditinjau dari etika bisnis Islam dengan objek penelitian produk jamu Tolak Angin dan Bintangin. Dua objek penelitian tersebut pada akhir tahun 2007 tepatnya Bulan Desember iklan tersebut kontroversial bahkan terdapat wacana bahwa telah terjadi perang iklan antara kedua iklan tersebut, sebagaimana yang terjadi di kecamatan Semarang Timur, di sana terjadi promosi langsung kedua produk tersebut.
Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah, pertama, bagaimana dampak bahasa iklan Tolak Angin dan Bintangin terhadap persaingan usaha. Kedua, bagaimana sikap dan perilaku masyarakat terhadap bahasa iklan produk jamu Tolak Angin dan Bintangin. Ketiga, bagaimanakah tinjauan etika bisnis Islam terhadap bahasa iklan produk jamu Tolak Angin dan Bintangin.
Untuk menjawab permasalahan di atas dibutuhkan metode sebagai berikut: Pertama, penelitian ini menguraikan dampak bahasa iklan terhadap persaingan usaha sehingga digunakan pendekatan kualitatif untuk mengetahui dampak iklim persaingan usaha kedua produk tersebut. Kedua, penelitian tersebut menguraikan sikap dan perilaku konsumen (masyarakat Semarang Timur) terhadap bahasa iklan sehingga digunakan pendekatan kuantitatif untuk mendeskripsikan sikap dan perilaku masyarakat pasca penayangan iklan dan promosi langsung kedua produk tersebut. Ketiga, penelitian ini menguraikan tinjauan etika bisnis Islam terhadap bahasa iklan. Bahasa dan etika merupakan dua hal yang termasuk dalam ranah filsafat sehingga peneliti menggunakan pendekatan hermeneutik kemudian peneliti kaitkan dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam.
Hasil penelitian yang didapat adalah pertama, bahasa iklan Tolak Angin berdampak positif terhadap perusahaannya. Tolak Angin menjadi Top Brand (produk terbaik) di antara perusahaan lain yang bergerak pada industri jamu yang sejenis. Bintangin sebaliknya, bahasa iklannya berdampak negatif terhadap perusahaannya. Brand Image (citra produk) Bintangin tidak dapat menyamai ataupun mengungguli Tolak Angin. Kedua, Dampak bahasa iklan Tolak Angin terhadap sikap dan perilaku masyarakat di Kecamatan Semarang Timur adalah positif. Masyarakat di Kecamatan Semarang Timur merasa simpatik setelah melihat bahasa iklan Tolak Angin dan diadakan promosi langsung. Sikap dan perilaku masyarakat di Kecamatan Semarang Timur terhadap bahasa iklan Bintangin adalah negatif. Masyarakat tidak suka dengan penggunaan bahasa iklan Bintangin. Ketiga, Bahasa Iklan Tolak Angin sudah sesuai dengan etika bisnis Islam etika bisnis Islam sedangkan iklan Bintangin tidak sesuai dengan etika bisnis Islam dikarenakan ada unsur ghibah dan suudzan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Etika bisnis; Islam; Iklan; Jamu; Tolak angin; Bintangin
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 174 Occupational ethics
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 17 Sep 2020 02:28
Last Modified: 16 Jul 2021 13:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11503

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics