Aplikasi home schooling pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Alternatif Qaryah Tayyibah Kalibening Salatiga

Lestari, Puji (2009) Aplikasi home schooling pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Alternatif Qaryah Tayyibah Kalibening Salatiga. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_3104355_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_3104355_Skripsi_Lengkap)
3104355_Skripsi_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Nama: Puji lestari, NIM: 3104355, Fakultas: Tarbiyah, Jurusan: Pendidikan Agama Islam, judul: Aplikasi Home Schooling Pada Pembelajaran PAI Di SMP Alternatif Qaryah Thayyibah Kalibening Salatiga.
Mutu dan citra pendidikan Indonesia kian terpuruk. Hal ini disebabkan beberapa hal, diantaranya di karenakan sistem pendidikan di tempatkan sebagai usaha komersil oleh kaum kapitalis sehingga terkesan mahal. Sehingga pendidikan tidak bisa dinikmati oleh semua orang, terutama kaum miskin. Dari kondisi semacam ini, muncullah berbagai macam pendidikan alternatif yang murah tetapi tetap berkualitas. Salah satunya adalah pendidikan alternatif Home Schooling di SMP Alternatif Qaryah Thayyibah Kalibening Salatiga.
Tujuan dari penelitian ini antara lain: 1). Untuk mengetahui konsep pendidikan home schooling. 2). Untuk mengetahui aplikasi home schooling pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Qaryah Thayyibah di Kalibening Salatiga tersebut. 3). Untuk mengetahui efektif pembelajaran PAI SMP Qaryah Thayyibah di Kalibening Salatiga yang megunakan Home Schooling .
Melalui serangkaian penelitian dengan menggunakan metode observasi langsung dan wawancara, penulis menemukan data-data di lapangan yang menunjukkan bahwa: pertama, konsep home schooling adalah model pendidikan alternatif yang sebagian besar tanggung jawabnya berada dipundak orang tua, dan proses belajar mengajarnya diselenggarakan di rumah. Kedua, Aplikasi home schooling pada pembelajaran PAI di SMP Alternatif Qaryyah di Kalibening Salatiga, terlihat pada kurikulum yang berbasis kebutuhan siswa. Dalam menentukan metode tidak sepenuhnya ditentukan oleh fasilitator, siswa pun berhak menentukan metode yang digunakan dalam menyampaikan materi. Media yang digunakan sangat fleksibel, selain komputer bisa juga menggunakan media kitab-kitab klasik, buku-buku kontemporer, mushola, sampai pada fenomena-fenomena yang terjadi dimasyarakatpun bisa menjadi media pembelajaran pendidikan agama Islam. sistem evaluasi di SMP Qaryah Thayyibah, siswa sendiri yang menilai. Wujud evaluasi tersebut dilaksanakan secara langsung melalui praktik dalam kehidupan sehari-hari Ketiga, pembelajaran PAI SMP Qaryah Thayyibah di Kalibening Salatiga yang megunakan Home Schooling cukup efektif, hal ini dikarenakan dalam pembelajaran tersebut materi yang diberikan adalah yang dibutuhkan para siswa, metode dan tempat pembelajaran yang tidak monoton, sehingga siswa mampu menerima dengan baik materi pendidikan agama Islam tersebut, sebab mereka senang dengan materi tersebut dan tidak merasa bosan. Serta jumlah siswa yang sedikit sehingga guru lebih optimal dalam memperhatikan kemampuan siswa.
Dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan contoh bagi siapa saja yang ingin mengupayakan pendidikan alternatif yang murah dan berkualitas. Sehingga pendidikan dapat dinikmati oleh semua kalangan masyarakat, terutama dapat dinikmati oleh masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: homeschooling; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Muhammad
Date Deposited: 01 Oct 2020 02:22
Last Modified: 01 Oct 2020 02:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11555

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics