Hubungan antara ziarah dengan ketenangan jiwa di Makam Sunan Kalijaga Desa Kadilangu Kec. Demak Kab. Demak : studi analisis

Yuliarti, Indah (2008) Hubungan antara ziarah dengan ketenangan jiwa di Makam Sunan Kalijaga Desa Kadilangu Kec. Demak Kab. Demak : studi analisis. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_4101037_indah_yuliarti]
Preview
Text (skripsi_4101037_indah_yuliarti)
4101037_INDAH_YULIARTI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada masa permulaan agama Islam, telah disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW. kepada umat manusia di alam ini, khususnya di negara Arab. Nabi Muhammad SAW. telah melarang umat Islam untuk berziarah kubur, karena banyak sekali orang Islam yang melakukan kesyirikan, dengan meminta pertolongan kepada si mayit, serta mengucapkan kata-kata yang bertentangan dengan Islam. Setelah umat Islam mempunyai keimanan yang kuat dan pemahaman ziarah yang benar, Rasulullah kemudian memperbolehkan untuk berziarah. Sebab, terdapat manfaat yang mendidik pada ziarah kubur. Oleh karenanya, Nabi yang mulia mengijinkan kembali orang-orang berziarah kubur.

Dalam situasi demikian, ziarah kubur itu tidak hanya sekedar tahu dimana seseorang dikubur, namun ziarah kubur itu untuk mendoakan pada seseorang yang ada di dalam kubur tersebut, dengan dibacakan ayat-ayat Al-Quran dan kalimat thayyibah.

Adapun yang menjadi permasalahan disini, apakah motivasi, dan bagaimana aktifitas peziarah di makam Sunan Kalijaga. Berangkat dari permasalahan diatas, penulis ingin mengkajinya dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, yaitu suatu metode yang berusaha mendeskripsikan dan mengenterprestasikan mengenai apa yang ada tentang kondisi, atau bisa juga dikatakan bahwa suatu metode yang meneliti kelompok manusia, suatu obyek, realitas sosial, dan tingkah laku manusia atau peristiwa pada masa sekarang.

Dengan menggunakan metode tersebut penulis menemukan bahwa motivasi dan aktifitas para peziarah setelah mereka melakukan ziarah. Hati atau jiwa terasa lebih tenang, tentram, serta mereka lebih semangat dalam menjalani hidup. Hal ini dapat dilihat dari cara mereka berprilaku, cara berpikir yang cenderung positif, serta rasa keoptimisan yang selalu menjadi pedoman dalam menghadapi sesuatu hal, ini tentunya juga diperkuat dengan adanya tabel-tabel yang mendukung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ziarah kubur; Ketenangan jiwa; Wisata ziarah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.39 Other Practices (Incl. Halal Food, Syirik, Munafiq)
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism > 297.45 Sufi ethics
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 02 Sep 2020 07:41
Last Modified: 15 Jul 2021 03:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11623

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics