Dzikir musabba’at al-‘asyr dan kesehatan mental : studi analisis di Majlis Dzikir Al-Khidiriyyah Ddesa Mekarjati-Haurgeulis

Fatkhurrohman, Imam (2008) Dzikir musabba’at al-‘asyr dan kesehatan mental : studi analisis di Majlis Dzikir Al-Khidiriyyah Ddesa Mekarjati-Haurgeulis. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi 4103002 Imam Fatkhu Rohman]
Preview
Text (Skripsi 4103002 Imam Fatkhu Rohman)
4103002_Imam_Fatkhu_Rohman.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Imam Fatkhurrohman, Dzikir Musabba’at al-Asyr dan Kesehatan Mental (Studi Analisis di Majlis Dzikir al-Khidiriyyah desa Mekarjati-Haurgeulis)
Penelitian ini bertitik tolak dari fenomena munculnya sebuah majlis dzikir (Majlis Dzikir al-Khidiriyyah) yang mencoba menawarkan sebuah metode/formula dzikir yaitu dzikir musabba’at al-‘asyr, yang semula dzikir ini menurut para ahli adalah dzikir yang diamalkan secara pribadi oleh para kaum mutashawwifin dan habaib. adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep Dzikir Musabba’at al-‘Asyr di Majlis Dzikir al-Khidiriyyah Desa Mekarjati, Kecamatan Haurgeulis, dan Untuk mengetahui bagaimana hubungan dzikir Musabba’at al-‘Asyr dengan kesehatan mental.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi analisis, dengan Analisa kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Metode ini dianggap sesuai untuk menggali, mengolah dan menganalisa data.
Tehnik pengumpulan data menggunakan Metode observasi yaitu pengamatan langsung terhadap fenomena yang diselidiki, meliputi kondisi umum Majlis Dzikir Al-Khidriyyah dan proses praktek serta aktivitas dzikir para jamaahnya. Kemudian metode interview, dimana penulis mendapatkan keterangan langsung dari Ustadz Musthofa Bisri selaku pengasuh di Majlis Dzikir al-Khidiriyyah dan para jamaahnya. Penulis juga menyebarkan angket (jenis angket/ quesioner tertutup), yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana hubungan dzikir musabba'ah dengan kesehatan mental. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang keadaan yang ada di Majlis Dzikir Al-Khidriyyah.
Sebagai kesimpulan akhir yang peneliti peroleh dari penelitian yang berjudul Dzikir Musabba’at al-‘Asyr Dan Kesehatan Mental di Majlis Dzikir al-Khidiriyyah menghasilkan bahwa dampak dari mengamalkan Dzikir Musabba’at al-‘Asyr terciptanya ketenangan jiwa (kesehatan mental) sangat signifikan, artinya jamaah yang secara istiqomah mengamalkan dzikir musabba’ah mengalami berbagai peningkatan kesehatan baik dari segi jasmani (tumbuhnya kekebalan tubuh, sehingga seorang tidak mudah sakit dikarenakan suasana hati selalu tentram dan gembira) dan rohani (adanya peningkatan iman dan taqwa), adapun konsep dzikir musabba'ah yang dipakai Majlis Dzikir al-Khidriyyah dalam rangka Tazkiyat al-Nafs (penyucian jiwa) adalah dengan cara mengamalkan dzikir tersebut pada waktu pagi dan sore. Dzikir yang diamalkan pagi hari dimaksudkan untuk membentengi seseorang dari dosa dan maksiat serta sifat-sifat tercela yang di timbulkan akibat dari berinteraksi dengan lingkungannya, yang menyebabkan ia lalai dari mengingat Rabb-nya. Sedangkan dzikir pada sore hari berfungsi untuk membersihkan dosa dan maksiat yang melekat pada seseorang setelah seharian bekerja dan berinteraksi dengan sesama. Diharapkan dengan dzikir diwaktu pagi dan sore hati/ jiwa seseorang akan kembali fitri, tetap bersih dan murni sehingga melahirkan sifat-sifat terpuji, kemudian terwujudnya keserasian yang sungguh-sungguh antara fungsi-fungsi jiwa dan terciptanya penyesuaian diri dan lingkungannya, berlandaskan keimanan dan ketaqwaan, yang pada akhirnya akan membuahkan kehidupan yang penuh makna, bagian dan dunia dan akhirat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kesehatan mental; Zikirt; Majelis taklim
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 616 Diseases
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 14 Sep 2020 04:46
Last Modified: 19 Jun 2021 01:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11643

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics