Tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan keselamatan kesehatan kerja dalam pasal 3 UU no. 1 tahun 1970 tentang keselamatan kerja di PT PLN (Persero) jasa & produksi unit produksi Semarang

Arifin, M. Zaenal (2008) Tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan keselamatan kesehatan kerja dalam pasal 3 UU no. 1 tahun 1970 tentang keselamatan kerja di PT PLN (Persero) jasa & produksi unit produksi Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_2103051_Zaenal]
Preview
Text (Skripsi_2103051_Zaenal)
2103051_M_ZAENAL_ARIFIN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pekerja merupakan salah satu faktor produksi yang mempunyai peranan sangat besar, tanpa campur tangan pekerja, maka semua potensi sumber daya alam tidak dapat dieksploitasi dan bermanfaat bagi manusia. Oleh karena itu di dalam melakukan pekerjaan selain harus dibekali ilmu pengetahuan yang cukup, jaminan akan keselamatan pekerja menjadi perhatian yang serius bagi pekerja maupun perusahaan. Tidak dapat di pungkiri bahwa kecelakaan kerja dapat menimpa siapa saja, kapan saja dan di mana saja yang dapat merugikan pekerja atau perusahaan.
Berdasarkan latar belakang tersebut maka penulis membatasi masalah pada; bagaimanakah pelaksanaan keselamatan kesehatan kerja dalam pasal 3 UU No.1 tentang keselamatan kerja di PT PLN jasa produksi Semarang dan bagaimanakah pandangan hukum Islam terhadap pelaksanaan keselamatan kesehatan kerja dalam pasal 3 UU No.1 tahun 1970 tentang keselamatan kerja.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu suatu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi menggunakan data primer ataupun sekunder. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan teknik analisa deskriptif analitis yaitu data yang diperoleh berupa kata – kata, gambar, perilaku tidak dituangkan dalam bentuk bilangan ataupun angka statistik melainkan tetap dalam bentuk kualitatif.
Hasil dari penelitian di PT PLN (Persero) jasa & produksi Semarang adalah telah memberikan program keselamatan kesehatan kerja dengan memberikan alat pelindung diri (pakaian khusus kerja, sepatu septi, helm, sarung tangan, kaca mata, sabuk pengaman, penyuluhan, diklat, jaminan kesehatan dll. Yang bertujuan agar terhindar dari gangguan kesehatan yang disebabkan oleh lingkungan atau kondisi kerja, terciptanya produktivitas kerja.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, civitas akademika fakultas syari’ah IAIN Walisongo Semarang, masyarakat dan semua pihak atau instansi terkait.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keselamatan kesehatan kerja; Hukum Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.266 Islam and technology
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Nov 2020 04:17
Last Modified: 10 Nov 2020 04:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11728

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics